ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Pontianak

August 3, 2016 | Info pendidikan

maxresdefault

SMA Negeri 1 Pontianak

SMA Negeri 1 Pontianak merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimanta Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Pontianak, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 Sejarah singkat

Sampai dengan tahun 1953, di daerah Kalimantan Barat barulah ada SLTA yang berstatus swasta dan di dalamnya ada dua jenis sekolah, yaitu SMA dan SGA Pontianak. Dua tetapi satu atau satu tetapi dua, sekolah itu bernaung di bawah lingkungan “ YAYASAN PENDIDIKAN KALBAR “ dengan menumpang di gedung SEKOLAH RAKYAT Kampung Bali. Gedung ini tidak ada lagi bekas-bekasnya, sekarang sudah menjadi komplek rumah toko.

Atas tuntutan yang diajukan kepada Residen Bambang Soeparto dan Walikota Soemartojo pada tanggal 14 September 1953, sekolah tersebut dialih statusnya menjadi Sekolah Negeri dan merupakan dua anak kembar yang kelak menjadi SMA Negeri 1 Pontianak dan SPG Negeri Pontianak.

Pada tahun 1954, kedua anak kembar tersebut berpindah tempat dari sekolah rakyat Kampung Bali ke SMP Negeri di Jalan Bintara ( sekarang SLTP Negeri 1 Jalan Urip Soemoharjo) dengan waktu belajar sore sampai malam hari. SGA menempati lantai bawah, keduanya dipimpin oleh seorang kepala Sekolah yaitu Bapak Djaisman.

Pada tahun 1955 atas prakarsa “ YAYASAN KARET ”, didirikan gedung SMA di Jalan Sumatra ( Sekarang Jalan Gusti Johan Idrus ), dan atas prakarsa “ YAYASAN KOPRA ” didirikan gedung SGA di Jalan Ekonomi (sekarang jalan Kalimantan). Sejak saat itu berpisah dan berpindahlah kedua anak kembar tadi untuk menempati rumah masing-masing. SMA tetap dipimpin oleh Bapak Djaisman dan SGA dipimpin oleh Bapak Yusuf Tjun.

Pada tahun 1959, SMA Negeri Pontianak mempunyai adik kandung SMA sore, yang kemudian diberi nama SMA Khatulistiwa. Dan pada tahun 1965, SMA Khatulistiwa dialih statuskan menjadi SMA Negeri. Sejak saat itulah SMA Negeri ini menjadi SMA Negeri 1, dan adiknya bernama SMA Negeri 2 yang sekarang tinggal di Jalan R.E. Martadinata.

 Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Pontianak, yaitu Unggul dalam prestasi, berakhlak mulia dan berwawasan lingkungan. Sementara misi yang hendak dicapai :

  • Membentuk generasi berintelektual tinggi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan generasi berkepribadian serta berbudi pekerti berdasarkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Membentuk generasi yang terampil, disiplin serta perduli terhadap lingkungan.
  • Menciptakan keselarasan serta keseimbangan emosi dan intelektual berdasarkan akhlak mulia.
  • Meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan alat untuk mempelajari pengetahuan global.

Related For SMA Negeri 1 Pontianak