ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat

September 4, 2016 | Info pendidikan

BuQqG5OCAAAMx6G

SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat

SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Ranomeeto Baratditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pada awalnya sekolah ini merupakan kelas jauh dari SMAN 1 Ranomeeto, dengan nama sekolah SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat dan Penanggung Jawab, Bpk Zulfikar, A.Ma.Pd.(Kepala Sekolah I) Atas permintaan dan prakarsa masyarakat setempat yang didasari oleh pemekaran wilayah kecamatan guna memajukan daerah dalam bidang pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa maka pada tanggal 04 Desember 2009 diresmikan oleh Bupati Konawe Selatan dan ditetapkan dengan SK Bupati Konawe Selatan  nomor 1930/2009 tanggal 04 Desember 2009 menjadi sekolah negeri.

Di awal proses berdirinya sekolah ini, memiliki jumlah siswa 53 orang dengan menumpang tempat di SDN 3 Lameuru dan pelaksaaan proses pembelajaran dilaksanakan pada siang haridan hanya diampu oleh 3 orang guru PNS. Seiring proses perkembangan dan perubahan masa kepemimpinan yang baru Bpk Agus Jatmiko,S.Pd,M.Pd barulah pada tanggal 2 Desember 2011, SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat menempati gedung RKB  baru di Desa Opaasi yang dibangun dari dana APBD Kabupaten Konawe Selatan dengan quota 3 RKB dan Ruang untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan masih menyesuaikan tempat dengan menggunakan pinggir RKB yang ditata sedemikian rupa atas semangat dan prakarsa Keluarga Besar SMAN 1 Ranomeeto Barat guna terlaksananya proses PBM secara optimal dengan kondisi seadanya.

Proses pembelajaran pun berjalan dengan memanfaatkan secara optimal berbagai sarana prasarana yang masih sangat terbatas. Melihat situasi yang demikian maka di awal tahun 2012 akhirnya sekolah mendampatkan tambahan  2 RKB lagi,sehingga jumlah yang ada sampai saat ini adalah 5 RKB ditambah 1 Ruang Perpustakaan.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Ranomeeto Bara, yaitu Sekolah Berbudaya, Bermutu, dan Berdaya Saing.” Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Menumbuhkembangkan budaya belajar, budaya disiplin, budaya santun, budaya berprestasi, budaya bersih dan budaya kebersamaan pada seluruh warga sekolah untuk tercipta iklim budaya sekolah efektif yang sehat, unggul dan berdaya saing.
  • Menerapkan manajemen pengelolaan sekolah yang transparan dan partisipatif dengan melibatkan warga sekolah, komite sekolah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan.
  • Menfasilitasi pengembangan profesi, karier, peningkatan kompetensi dan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan kualitas SDM.
  • Mewujudkan ketersedian sarana-prasarana yang memenuhi standar serta menciptakan lingkungan sekolah yang asri,bersih, aman dan nyaman sebagai lingkungan belajar.

Related For SMA Negeri 1 Ranomeeto Barat