ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Tanjung Selor

September 2, 2016 | Info pendidikan

IMG_0592

SMA Negeri 1 Tanjung Selor

SMA Negeri 1 Tanjung Selor merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Tanjung Selor, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Berawal dari SMA Dwikora yang berdiri tahun 1964 dengan kepala sekolah Bapak Toran Abai, adalah embrio atau cikal bakal SMA Negeri 1 Tanjung Selor yang kita cintai ini. Pada saat itu pembangunan gedung sekolah dilakukan oleh DANDIM 0903 Bulungan beserta seluruh masyarakat Tanjung Selor yang ada di Tanjung Palas. Lokasi SMA DWikora pada saat itu di kompleks kesultanan Bulungan (padepokan), tepatnya sekarang telah di bangun Balai Kesenian Rakyat Tanjung Palas (disamping Museum Kesultanan Bulungan ).

Setelah 1 tahun SMA Dwikora berlangsung, atas inisiatif Bapak MUSDI, BA dan persetujuan Pemerintah Daerah saat itu, SMA Dwikora dipindahkan dari Tanjung Palas ke Tanjung Selor, dengan pertimbangan karena murid SMA Dwikora 80 % berasal dari Tanjung Selor. SMA Dwikora di Tanjung Selor menempati SDN 001 ( SDN 019 ) yang menjadi kepala sekolah SDN 001 pada waktu itu adalah Bapak Yafet Syukur (alm), sedangkan kepala sekolah SMA Dwikora waktu itu adalah Bapak H. Musdi, BA. Nama SMA DWIKORA dirubah menjadi SMA DEWANTARA.

Pada tahun 1966 SMA DEWANTARA dipindahkan lagi ke gedung SDN 016 (Mess Guru-guru SMA Negeri 1 saat itu ) jalan DI Panjaitan. Sejak tahun 1966 s.d 1975 SMA DEWANTARA dibina oleh bapak H. Musdi, BA sampai mengantar SMA DEWANTARA menjadi SMA PERSIAPAN NEGERI Tanjung Selor. Selanjutnya yang menjadi kepala sekolah saat itu Bapak ERWIN WINOKAN, BA. Setelah beberapa tahun SMA PERSIAPAN NEGERI ini perjalan dan kemudian dinilai proses belajar mengajarnya dengan baik, maka oleh Pemerintah Pusat Cq. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republk Indonesia dengan SK Nomor : 0190/Q/1979 , SMA PERSIAPAN NEGERI bersama dengan 78 SMA Swasta lainnya di seluruh Indonesia dinegerikan. Berimbas kemudian berubah nama dari SMA DEWANTARA berubah menjadi SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR (SMANSATASE).

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 1 Tanjung Selor adalah “Unggul Dalam Prestasi , Mandiri , Berwawasan Nasional , Kompetitif Secara Nasional Dan Internasional , Berakhlak Mulia , Berbudi Pekerti Luhur.” Misinya :

  • Meningkatkan Imtaq Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Membentuk Manusia Berakhlak Mulia dan Berbudi Pekerti Luhur .
  • Memupuk Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air.
  • Meningkatkan Akreditasi Sekolah Kategori A+
  • Meningkatkan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Sekolah dan PAS
  • Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang kompetitif dan representatif.

Related For SMA Negeri 1 Tanjung Selor