ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 1 Tomohon

September 4, 2016 | Info pendidikan

2011-10-31 07.10.30

SMA Negeri 1 Tomohon

SMA Negeri 1 Tomohon merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Jalan Nazaret, Matani Tiga, Tomohon Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Tomohon ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Tomohon, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Bertolak dari keadaan dan situasi saat itu yang merupakan sekolah filial dari SMA Negeri 1 Tomohon dan melaksanakan pembelajaran pada sore hari. Status filial berakhir pada tahun pelajaran 1958/1959 yang jumlah kelasnya 6 dan 189 siswa dengan Direktur sekolah sdr. E. A. Parengkuan.

Kemudian berdiri sendiri pada tanggal 1 Agustus 1959 dengan nama SMA 170 Tondano, terjadi peningkatan minat para siswa tamatan SMP /SLTP yang memasuki Sekolah Menegah Atas ini menjadi 273 siswa dengan 7 kelas. Peningkatan ini karena SMA ini merupakan satu-satunya SMA yang ada di Tondano.

Pada tahun pelajaran 1960/1961, kami Guru dan Pegawai Tata Usaha di SMAN 1 Tondano sebanyak 23 orang (7 guru tetap serta 13 guru tidak tetap dan 3 pegawai tata usaha yang tiap tahun terus bertambah) merasa terpanggil untuk terus merintis, melanjutkan dan meningkatkan sekolah ini hingga teterakreditasi A pada tahun 2006 oleh BAS Propinsi dengan NSS/NPSN:301170209004/3011701001, melaksanakan kegiatan pembelajaran pada pagi hari.

Tujuannya adalah sebagai mitra sekolah yang ikut membantu menampung tamatan SMP/SLTP yang berminat ke SMA tetapi harus bersekolah di luar kecamatan Tondano, disamping itu untuk membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan .

Saat ini diusianya yang sudah mencapai 51 tahun di bulan Agustus tahun 2010 SMAN 1 Tondano telah menamatkan puluhan ribu siswa yang di antaranya banyak telah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi), menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), memiliki ketrampilan dan kompetensi untuk berwiraswasta dalam usaha mengurangi jumlah pengangguran khususnya di wilayah Tondano.

Visi dan misi 

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Tomohon, yaitu Terwujudnya sekolah yang “Berakhlak Mulia, Cerdas, Berdaya Saing, Berkarakter, dan berbudaya Lingkungan.” Sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan Mutu Pembelajaran dan Bimbingan dengan mengembangkan Kurikulum Tahun 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan secara efektif agar siswa berkembang secara optimal.
  • Membantu siswa untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki melalui kegiatan Ekstrakurikuler.
  • Meningkatkan komitmen profesional kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terhadap tugasnya.
  • Menumbuhkembangkan semangat berkarya kepada siswa, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat dan bernalar sehat.
  • Menciptakan Situasi dan Kondisi Lingkungan sekolah yang sehat, aman, tertib dan kondusif.
  • Melaksanakan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Related For SMA Negeri 1 Tomohon