Sma_n_1_yogya

SMA Negeri 1 Yogyakarta

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 1 Yogyakarta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 1 Yogyakarta tidaklah muncul begitu saja. Sebelumnya SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA A Yogyakarta. Ditarik jauh ke belakang, SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah Algemeene Middelbare School di zaman Belanda. SMA Negeri 1 Yogyakarta sudah berdiri selama rentang tiga zaman, antara masa penjajahan, revolusi fisik, dan era kemerdekaan.

Pada tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA Depdikbud menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan. Keputusan ini adalah langkah nyata pemerintah dalam mewujudkan pembaharuan pendidikan di tingkat SMA. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP dan K No. 128079/S tertanggal 16 Desember 1957, terhitung mulai 1 Desember 1957, ditunjuklah SMA Negeri III-B Jakarta menjadi SMA Teladan B2.

SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA Teladan Bagian A, tapi karena dianggap berhasil, maka pada tanggal 30 November 1962 melalui SK Mendikbud nomor 34/SK/BIII, mengangkat SMA Teladan A menjadi Teladan ABC. Tak lama setelah itu, keluar instruksi dari Depdikbud untuk menerapkan eksperimen kurikulum SMA Teladan di seluruh Indonesia. SMA Teladan ABC Yogyakarta pun berubah namanya menjadi SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun hingga sekarang, orang lebih mengenal SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan nama SMA Teladan.

Pada tahun 2011, sekolah ini membuka Cambridge Class yang dikhususkan bagi siswa yang akan mengikuti Cambridge International Examination. Bagi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dianjurkan untuk mengikuti A Level Test.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu