ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 2 Balikpapan

September 3, 2016 | Info pendidikan

1381760_731826410166906_21401641_n_zpsbe5d4a1f

SMA Negeri 2 Balikpapan

SMA Negeri 2 Balikpapan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 2 Balikpapan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Balikpapan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 2 Balikpapan  didirikan pada tanggal  22 Desember  1978 berdasarkan Surat Keputusan SK Mendikbud RI No. SK  : 037/0/1978. SMA Negeri 2 Balikpapan merupakan sekolah di wilayah Kalimantan Timur yang membuka jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Kepala Sekolah yang pertama kali menjabat adalah Drs.Abdul Malik tahun 1977 s.d 1978, selanjutnya oleh Drs. H. Saiful Jazan tahun 1978 s.d 1994 . Pada tahun 1994 kepala sekolah dijabat oleh Muslich Sjahid,S.Pd.MPd tahun 1996. Kemudian dari tahun 1996 s.d 2004  Muslich Sjahid,S.Pd.MPd diganti lagi oleh Soekasno, BA. Selanjutnya pada tahun 2004 s.d 27 Agustus 2012 kepala sekolah dijabat oleh Drs. H.Totok Ismawanto, MMPD. Terakhir, sejak 27 Agustus 2012 s.d sekarang Kepala Sekolah dijabat oleh Drs. Edy Effendi.

Di bidang pengembangan kurikulum SMA Negeri 2 merupakan sekolah yang melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada tahun pelajaran 2004/2005, dan pada tahun pelajaran 2006/2007 mulai melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara menyeluruh di semua jenjang kelas. Ada hal khusus yang dimiliki SMA Negeri 2 Balikpapan yakni sekolah yang melaksanakan Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) pada tahun 2010 telah ditetapkan sebagai sekolah Model Pelaksana Program SKM – PBKL – PSB .

Berdasarkan evaluasi diri sekolah yang telah dilakukan SMA Negeri 2 Balikpapan berupaya seoptimal mungkin untuk mencapai kondisi ideal. Kondisi yang dimaksud adalah terpenuhinya 8 ( delapan) Standar Nasional Pendidikan untuk memenuhi Kriteria Sekolah Model berbasis PSB, yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 2 Balikpapan, yaitu Membentuk manusia seutuhnya, cinta tanah air, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, didasari iman dan taqwa. Sementara misinya adalah :

  • Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap Ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  • Memiliki manajemen yang dikelola secara profesional.
  • Memiliki tenaga guru dan staff tata usaha yang profesional dan berkinerja tinggi.
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  • Menyalurkan anak didik agar diterima diperguruan Tinggi ternama baik negeri maupun Swasta , sesuai dengan cita-citanya.
  • Mengantarkan anak didik terjun kemasyarakat dan dunia usaha

Related For SMA Negeri 2 Balikpapan