SMA Negeri 2 Cimahi

 SMA Negeri 2 Cimahi

SMA Negeri 2 Cimahi merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Cimahi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Bangunan SMA Negeri 2 Cimahi dibangun pada tahun 1976, dengan bangunan utama ruang kelas bagian barat dan ruang laboratorium IPA yang masyarakat juga dikenal dengan sebutan SMA Sriwijaya. Mulai tahun 1978 SMA Sriwijaya mulai mendapatakan siswa tetapi masih merupakan bagain (SMA Filial) dari SMA Negeri Cimahi (SMA Negeri 1 Cimahi Sekarang) yang berlokasi di pasar atas.

Sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk serta meningkatnya jumlah anak sekolah tingkat lanjutan atas di Cimahi, maka melalui Surat Keputusan Menteri No. 020/0/1984 tertanggal 14 Juli 1984 status SMA Negeri Sriwijaya sebagai filial dari SMA Negeri Cimahi ditetapkan menjadi SMA Negeri 2 Cimahi dan Bapak Drs. Bachrum A. F. diangkat sebagai Kepala Sekolah dan selanjutnya SMA Negeri 2 Cimahi, maka tenaga pengajarnya diisi oleh sebagian para guru dari SMA Negeri 1 Cimahi.

Dari prestasi akademis serta non akademis yang ditunjukan oleh para siswa SMA Negeri 2 Cimahi maka suatu hal yang wajar kalau Pemerintah teleh memberikan piagam penghargaan kepada SMA Negeri 2 Cimahi sebagai sekolah yang bermutu tinggi (Piagam Penghargaan No. 002/Kep/-3268-Disdik/2012, tanggal 20 Juni 2002) dan Badan Penghargaan Badan Akreditasi Sekolah Jawa Barat sebagai Sekolah dengan nilai akreditas “A” / Amat Baik (Piagam Penghargaan No. 057/BAS/J03/2003, tanggal 11 November 2003). Kemudian setelah itu SMAN 2 Cimahi ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf International sehingga lebih meningkatkan lagi terhadap sarana dan prasarana sekolah serta lulusan yang berkualitas. Untuk manajemen di SMAN 2 Cimahi ditetapkan dengan ISO 2008 : 9001. Sehingga orang tua siswa lebih mempercayakan putra – putrinya ke SMAN 2 Cimahi.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Unggul Dalam Prestasi Dilandasi Iman dan Taqwa Menuju Sekolah Yang Berbudaya Lingkungan dan Berwawasan Global. Sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :

  • Mewujudkan insan akademis yang beriman dan bertaqwa serta mampu menerapkan nilai-nilai agama dalam lingkungan masyarakat.
  • Meningkatkan mutu pendidikan baik akademis maupun non akademis.
  • Memiliki sarana prasarana yang lengkap dan memadai.
  • Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  • Meningkatkan kualitas layanan pendidikan.
  • Mencetak lulusan yang dapat bersaing di era globalisasi.
  • Menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, bersih dan Indah.