ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 2 Palopo

September 3, 2016 | Info pendidikan

IMG_0592

SMA Negeri 2 Palopo

SMA Negeri 2 Palopo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan SMA lainnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Palopo, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 2 Palopo yang berlamat di Jalan Garuda No. 18 Perumnas Palopo, berdiri dan mulai beroperasi pada 1 Juni 1983. Pada awal berdirinya SMAN 2 Palopo dinakhodai oleh Bapak Muhammad Yusuf Elere, BA yang langsung menanamkan disiplin yang tinggi dengan prinsip SAYA MALU TERLAMBAT yang dibarengi dengan displin belajar yang tinggi. Usaha tersebut merupakan onggak untuk membuktikan bahwa SMAN 2 Palopo yang terletak di pinggiran Kota Palopo, bukanlah sekolah pinggiran namun mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain.

Dibawah pimpinan Bapak Drs. Abd. Rahim Kuty, SMA Negeri 2 Palopo banyak meraih penghargaan baik dari tingkat Kabupaten/Kota, TIngkat Propinsi sampai ke Tingkat Nasional, yaitu Juara I Wawasan Wiyata Mandala Tingkat Nasional dan Juara Kebersihan Sekolah oleh Dinas Lingkungan Hidup. selain itu juga meraih banyak juara dalam berbagai Lomba baik di bidang akademik maupun Non-Akademik.

Keberhasilan tersebut terus di lanjutkan oleh Bapak Drs. Zainuddin Lena, juga oleh Bapak Drs. Muhammad Jaya, M.Si yang merintis pembelajaran berbasis komputer serta berhasil mengirim perwakilan siswa ke Olimpiade Sains Tingkat Propinsi. Prestasi tersebut secara berkesinambungan dilanjutkan oleh kepala sekolah selanjutnya hingga sekarang ini. Sejak berdirinya SMAN 2 Palopo, pergantian pimpinan sekolah telah dilaksanakan yaitu :

  • Tahun 2007 dipimpin oleh Bapak Drs. Sirajuddin
  • Tahun 2009 dipimpin oleh Ibu Dra. Nursiah Abbas
  • Tahun 2010 dipimpin oleh Bapak Drs. Zainal Abidin,M.Pd
  • Tahun 2012 dipimpin oleh Bapak Drs. Esman,M.Pd hingga sekarang.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki SMA Negeri 2 Palopo, yaitu ”Sekolah yang unggul dalam mutu berdasarkan iman dan taqwa serta berwawasan teknologi informasi dengan tetap berpijak pada budaya bangsa .” sementara misinya adalah :

  • Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan dengan mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan
  • Melaksanakan pengembangan sumber daya manusia di sekolah  melalui kegiatan pendidikan dan latihan (workshop, in house training) untuk tenaga edukasi guru, dan Pegawai Tata Usaha.
  • Melaksanakan inovasi pembelajaran di sekolah
  • Melaksanakan pengembangan pembelajaran berbasis ICT
  • Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan
  • Melaksanakan kegiatan bidang kreatifitas guru/ siswa dan kompetisi /lomba-lomba dalam berbagai bidang (sains, olah raga dan seni)
  • Melaksanakan pengembangan pengelolaan sekolah
  • Melaksanakan penggalangan partisipasi pembiayaan sekolah

Related For SMA Negeri 2 Palopo