foto-bela-blog1

SMA Negeri 2 Pare

SMA Negeri 2 Pare merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Pare, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Secara Geografis SMA Negeri 2 Pare terletak kurang lebih 25 km dari pusat pemerintahan kabupaten kediri. Tepatnyna di Jalan  Pahlawan Kusuma Bangsa 28 Pare dengan nomor telepon (0354)391177, alamat website www.smadapare.com , dan email: smada_pare@yahoo.co.id. Letak sekolah terfavorit di Kabupaten Kediri ini sayngat strategis karena berada di tengah kota dan dikelilingi oleh sarana umum mmilik pemerintah Kabupaten Kediri misalnya RSUD Kabuapaten Kediri, Stadion Olahraga, Kantor Bank dan masjid Agung An-Nur sehingga memudahkan melakukan koordinas. Selain itu , SMA Negeri 2 Pare sangat dekat dengan Perkampungan Bahasa Inggris yang terkenal diseluruh Indonesia sehingga memudahkan warga sekolah untuk belajar Bahasa Inggris. Karena letaknya di tepi jalan protokol , SMA Negeri 2 Pare sangant mudah dijangkau oleh angkutan umum dari segala jurusan.

Dari usianya yang cukup dewasa, SMA Negeri 2 Pare sudah banyank membantu pemerintah dalam membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas, hal itu dapat dilihat dari keberhasilan mengantarkan lulusannya masuk ke perguruan tinggi favorit diseluruh Indonesia. Selain itu, juga ditandai dengan prestasinya yang luar biasa mulai di tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional.

Pada tahun 2007/2008 SMA Negeri 2 Pare mulai ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) / Sekolah Standar Nasional (SSN). Seiring berjalannya waktu, berbagai prestasi mulai tingkat kabupaten sampai dengan tingkat internasional berhasil diraih.Pada tahun pelajaran  2009/2010 ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berdasarkan SK Nomor : 1823/C.C4/LL/2009.

SMA Negeri 2 Pare terus berbenah, mulai dari pembenahan Lab Komputer I dan Lab Komputer 2, kemudian pembangunan rumah hijau atau tempat pemeliharaan tumbuhan tumbuhan yang memerlukan perhatian khusus, dan  juga pembangunan Masjid yang lumayan luas dan megah serta pembangunan kelas baru di dekat lapangan belakang sekolah dan sekarang sedang membenahi Lab. Bahasa Inggris. Walaupun sekarang sudah tidak berstatus sebagai RSBI namun pembenahan sarana dan prasarana terus berkesinambungan demi meningkatnya kualitas belajar dan pembelaran di SMA Negeri 2 Pare.

Kurikulum

Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar isi meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut.

  • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
  • Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
  • Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Kelompok mata pelajaran estetika
  • Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan