SMA Negeri 2 Sampit

BuQqG5OCAAAMx6G

SMA Negeri 2 Sampit

SMA Negeri 2 Sampit merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Sampit, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pengalaman sejarah bangsa-bangsa di dunia membuktikan bahwa pendidikan merupakan faktor penting dan utama bagi kemajuan bangsa. SMANDA Sampit sebagai salah satu institusi terdepan bagi pendidikan di kabupaten kotawaringin timur khususnya kota mentaya, sampit, dengan visi dan misi yang dimiliki, bertekad untuk terus berjuang di garis depan mencerdaskan anak bangsa.

SMANDA berdiri secara resmi bulan Juni 1984 masih meminjam gedung SMPN 2 Sampit. Baru setelah 4 bulan, tepatnya pada bulan Oktober 1984 kita sudah menempati gedung sekolah kita yang baru. 120 siswa dibagi dalam 3 (tiga) ruang kelas ( 1 R-1, 1 R-2, 1 R-3). Jumlah tenaga pengajar ditambah kepala sekolah saat itu hanya berjumlah 8 (Delapan) orang. Hingga sekarang sudah 4 (empat) orang yang menduduki jabatan sebagai kepala sekolah di SMANDA.

SMANDA yang berdiri kokoh pada areal ┬▒ 3 ha, dan hampir seluruhnya telah berfungsi baik sebagai ruang belajar maupun sebagai sarana olah raga. Kini sekolah kita memiliki 18 ruang belajar, 6 ruang laboratorium (Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Internet dan MIPA), 1 ruang perpustakaan, 1 ruang sanggar kegiatan guru-guru, 1 ruang BP/BK, 1 ruang OSIS, 1 ruang UKS, 7 buah kantin yg dikelola oleh KPN Dharma Satata SMAN-2 dan OSIS dan pihak Sekolah, sedangkan fasilitas olah raga yang tersedia ; lapangan Sepak bola, lapangan bulu tangkis/sepak takraw, lapangan bola volley putra/putri, lapangan bola basket, bak lompat (tinggi dan jauh). Sebuah fasilitas ibadah (musholla) cukup memberikan nuansa keagamaan di lingkungan sekolah kita, pendukung lain tersedianya 2 buah tempat parkir sepeda/sepeda motor khusus untuk para siswa dan 1 buah tempat parkir khusus untuk guru-guru. Selain itu tersedianya WC sebanyak 9 buah khusus untuk siswa dan 4 buah khusus untuk guru dan TU dengan kondisi yang cukup bersih dan sehat.

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 2 Sampit adalah Mewujudkan Insan bermutu, berwawasan kebangsaan, dan berdaya saing global yang dilandasi iman dan taqwa. Misinya adalah :

  • Tertib administrasi, pelaksanaan, evaluasi PBM / KBM.
  • Pelaksanaan tugas penuh disiplin, berwibawa dan bertanggung jawab.
  • Beretos kerja tinggi, Berdedikasi dan sarat dengan pembaharuan.
  • Mengembangkan iklim kerja yang harmonis, dinamis dalam suasana demokratis.
  • Menyiapkan sarana prasarana pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan.
  • Kegiatan ekstrakurikuler mantap, dinamis, berkesinambungan dan berprestasi.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, tertib, aman dan tentram, sejuk, asri, sehat, rindang dan menyenangkan.