SMA Negeri 2 Surakarta

B-16

SMA Negeri 2 Surakarta

SMA Negeri 2 Surakarta merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Surakarta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Awal berdirinya Sekolah Lanjutan Atas Negeri pertama dimulai bulan Agustus 1943. Dalam masa pendudukan Jepang itu, Mr. Widodo Sastrodiningrat sebagai Kepala Bagian Pendidikan Kasunanan Surakarta dan Soetopo Adisepoetro sebagai Kepala Pendidikan Keresidenan Surakarta atas persetujuan pembesar Jepang membuka sekolah yang sederajat dengan AMS (Algemene Middlebaar School).

Pada tanggal 3 Nopember 1943, diresmikan pembukaan sebuah Sekolah Lanjutan Atas yang diberi nama Sekolah Menengah Tinggi Negeri (SMT Negeri) bertempat di gedung yang sekarang dipakai Sekolah SMP Negeri 1 Surakarta dengan Kepala Sekolah pertama Mr. Widodo Sastrodiningrat dengan Wakilnya S. Djajeng Soegianto. SMT Negeri ini mempunyai dua kelas yaitu: Kelas IA jurusan Sastra Budaya dengan 33 siswa; Kelas IB Jurusan Pasti Alam mempunyai 34 siswa. Kedua kelas itu diampu oleh 12 orang guru. Agustus 1944 jabatan Kepala sekolah diserahterimakan dari Mr. Widodo Sastrodiningrat kepada S. Djajeng Soegianto sebagai kepala sekolah kedua. April 1945 jabatan Kepala Sekolah diserahterimakakan kepada N. Barnami karena S. Djajeng Soegianto diangkat menjadi Kepala Sekolah SMP Puteri di Pasar Legi Sala. Sebelumnya, pada bulan Juli 1945 SMT Negeri Sala mendapat tambahan guru tetap sebanyak 5 orang sehingga seluruh guru yang mengajar ada 17 orang dan ini merupakan guru cikal bakal SMT/SMA Negeri Surakarta .Adapun nama-nama Guru SMT/SMA Negeri Surakarta tersebut adalah :

  • Bapak Ismusubroto (Bhs Indonesia)
  • Bapak Soetardjo (Ilmu Alam)
  • Bapak B. Soeparno (Bhs Indonesia)
  • Ibu Sri Peni (Ilmu Hayat)
  • Ibu Poppy Saleh (Ilmu Ekonomi dan Tata Negara)

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Menjadi SMA unggulan yang berwawasan IMTAQ, IPTEK, Seni dan Olah Raga. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Menumbuhkan semangat disiplin tinggi kepada seluruh warga& sekolah
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efesien, sehingga mencapai hasil yang optimal
  • Mendorong semangat seluruh warga sekolah untuk lebih berprestasi sesuai bakat minatnya.
  • Membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya agar dapat dikembangkan secara optimal (meliputi bidang agama, bahasa, seni, budaya, olah raga dan ilmu pengetahuan ),sehingga memiliki kepercayaan diri yang kuat dan mampu bersaing masuk perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang favorit.
  • Mendorong meningkatkan penghayatan dan pengamatan agama dan budi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan persaudaraan yang sejati