ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 2 Tasikmalaya

February 15, 2016 | Beasiswa

SMA Negeri 2 Tasikmalaya

SMA Negeri 2 Tasikmalaya merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 2 Tasikmalaya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Tanggal 22 Maret 1966 dengan surat bernomor 350/C.4/Id.SMA/K.66, inspeksi daerah SMA Jawa Barat menganjurkan kepada SMA Negeri 1 Tasikmalaya untuk mendirikan SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Hal ini dikarenakan kapasitas SMA Negeri 1 Tasikmalaya sudah tidak memadai lagi untuk menampung semua lulusan SMP yang berminat melanjutkan pendidikan di SMA. sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, pemerintah Daerah Tasikmalaya dengan suratnya bernomor 334/6/66 tanggal 11 Oktober 1966 mengusulkan kepada Inspeksi Daerah SMA Propinsi Jawa Barat untuk mendirikan SMA Negeri 2 Tasikmalaya.

Setelah itu didirikanlah kelas jauh SMA Negeri 2 Tasikmalaya dengan harapan pada tahun 1968 dapat menjelma menjadi SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Hal ini sesuai dengan balasan Kepala Ipdap SMA Propinsi Jawa Barat dengan suratnya bernomor 573/D.2a/K.66 tanggal 26 Oktober 1966 yang isinya mendukung usul Pemda Tasikmalaya serta berjanji meneruskan usul tersebut ke Direktorat Pendidikan Umum di Jakarta. Langkah selanjutnya yang diambil oleh Ipdap SMA Propinsi Jawa Barat yaitu menunjukan Bapak Totong Rusmana menjadi pimpinan kelas jauh tersebut sejak tanggal 1 Desember 1966 ditandai dengan keluarnya surat tugas sementara no. 521/b.3/K.66 tanggal 10 Januari 1966.

Sejak tanggal 1 Nopember 1975 sesuai dengan SK Mendikbud No. 018/01/1976 status kelas jauh SMAN 2 tasikmalaya berubah menjadi SMAN 2 Tasilmalaya yang tetap dipimpin oleh Bapak Totong Rusmana. Akhirnya pada tanggal 16 September 1976 bertepatan pada hari Kamis diadakan peresmian SMA Negeri 2 Tasikmalaya sekaligus serah terima pimpinan dari Bapak Totong Rusmana kepada R. Siti Aisyah Wahyu. Sesuai dengan perubahan nama SMA menjadi SMU, msks nama SMA menjadi SMU, maka nama SMAN 2 Tasikmalaya pun berubah menjadi SMU Negeri 2 Tasikmalaya.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu “Mewujudkan sekolah yang unggul, kompetitif
dengan dilandasi akhlak mulia”. Sementara misi yang hendak dicapai adalah ;

  • Mewujudkan pengelolaan sekolah secara efektif inovatif dan akuntabel.
  • Mengembangkan potensi dan minat siswa secara optimal sehingga mampu hidup mandiri unggul, teranpil dan memiliki akhlak mulia.
  • Meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
  • Mengupayakan perluasan dan peningkatan mutu sarana prasarana.
  • Mengoptimalkan kemitraan dengan alumni, dunia usaha dan masyarakat.

Related For SMA Negeri 2 Tasikmalaya