SMA Negeri 3 Sidoarjo

256414IMG_4582

SMA Negeri 3 Sidoarjo

SMA Negeri 3 Sidoarjo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 3 Sidoarjo, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pada awal berdirinya, SMA negeri 3 Sidoarjo merupakan lembaga khusus yang didirikan oleh swadaya murni masyarakat Sidoarjo. Kemudian pada tanggal 1 Januari 1953 resmi berdiri lembaga sekolah dengan 4 (empat) kelas yang dipimpin oleh Bapak Suryo Daminhuri sampai dengan tanggal 31 Agustus 1959.

Kemudian di tanah bekas milik peninggalan belanda dengan area 3400 M2 ini resmi berdiri lembaga mendapat pengakuan dari Pemerintah pusat dengan 6 lokal rombongan belajar dengan surat Mendikbud nomor 39/SK/III tanggal 1 September 1959 dipimpin oleh Adi Atmojo, kelas ditambah 1 jurusan sekolah A (SGTK) 4 tahun.

Berdasarkan SK Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur tanggal 3 Juli 1984 No. 6041/104.3.1/6.3.84 sebagai acuan penunjukan kepala sekolah dipegang oleh Bapak Soemardjo. SPG kemudian beralih fungsi menjadi SMA yang diawali pada tahun 1989-1990 dengan SK mendikbud RI tertanggal 5 Juni 1989 No. 0342/V/1989 sehingga lembaga ini berjalan bersama.

SMA Negeri 3 Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 09 Sidoarjo dengan jumlah 10 kelas dan 15 rombongan belajar dengan status tanah yang terkena garis sempadan dan kondisi gedung sudah tua, ternyata sulit berkembang. apalagi sebuah kelas sempat dirobohkan karena sudah membahayakan, sedangkan renovasi kelas dan gedung yang dilakukan tidak memadai dalam hal pendanaan.

SMA Negeri 3 Sidoarjo kemudian mengadakan koordinasi dengan pihak Pemda Kabupaten Sidoarjo, yaitu Bapak Win Hendarso, M.Si. dan Bapak Drs. Ec. Salam serta pihak Depdikbud Kabupaten Sidoarjo, yaitu Bapak Bambang Sudarsono Singgih. Hasil Koordinasi tersebut adalah dikeluarkannya SK Bupati Sidoarjo No. 119/890/40405/2000. Menurut SK tersebut, maka pada tanggal 3 Oktober 2000, SMA Negeri 3 Sidoarjo yang semula berlokasi di Jl. SUltan Agung No. 09 Sidoarjo berpindah ke J. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 130 Sidoarjo sampai dengan saat ini.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Terwujudnya Sekolah Yang Berkualitas Berpijak Pada Imtaq Dan Iptek Yang Berwawasan Global. Untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam Visi Sekolah dengan berbagai indikatornya, maka Misi Sekolah adalah sebagai berikutĀ  :

  • Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mendorong dan membantu siswa dalam menggali potensi dirinya
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara maksimal demi masa depan siswa yang lebih maju