ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 4 Balikpapan

September 3, 2016 | Info pendidikan

BuQqG5OCAAAMx6G

SMA Negeri 4 Balikpapan

SMA Negeri 4 Balikpapan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 4 Balikpapan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 4 Balikpapan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Kota Balikpapan dengan luas wilayah 503,30 km2 mempunyai 5 wilayah kecamatan masing-masing terdiri dari Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Timur. SMA Negeri 4 Balikpapan terletak di Kelurahan Sepinggan, tepatnya di Sepinggan Baru. Wilayahnya termasuk ke dalam Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Kelurahan Sepinggan memiliki penduduk yang paling banyak dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Kota Balikpapan.

SMA Negeri 4 Balikpapan  didirikan pada tahun 1985 yang awalnya berdomisili di Jalan Marsma R. Iswahyudi. Setahun kemudian, SMA Negeri 4 menempati gedung baru di Jalan Sepinggan Baru III RT 48 No. 36 ini sampai sekarang.

Fasilitas umum yang berskala nasional yaitu Bandara Sepinggan menjadi penanda keberadaan SMA Negeri 4 Balikpapan. Dengan menempuh jarak 2 km dari Jalan Marsma R. Iswahyudi maka terlihatlah lokasi sekolah yang berada di dataran tinggi. SMA Negeri 4 Balikpapan terletak di daerah perbukitan dengan pepohonan yang menghijau, kicauan burung yang tak pernah berhenti setiap hari dan dilengkapi dengan semilir hawa perbukitan yang semakin menambah nilai pesona SMA Negeri 4 Balikpapan.

Hijau, Bersih  dan Sehat itulah gambaran SMA Negeri 4 Balikpapan yang pada tahun 2007 telah berhasil meraih gelar Sekolah Sehat Tingkat Kota dan Provinsi. Kondisi ini sejalan dengan keseriusan  Kota Balikpapan dalam memasyarakatkan program CGH atau Clean, Green dan Healthy City.   Pimpinan sekolah yang pernah bertugas di SMA Negeri 4 sejak awal berdirinya (1986) adalah:

  • Ruslan (Tahun 1986  s.d.  1996)
  • P. Simanullang, MMPd. (Tahun 1996  s.d.  2006)
  • P. Sapan Tanduk (Tahun 2006  s.d. 2010)
  • M. Yakub Syam, S. Pd (Tahun 2010 s.d. sekarang)

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 4 Balikpapan, yaitu Unggul dalam  Prestasi yang Berwawasan Lingkungan Berlandaskan Iman dan Taqwa serta Dijiwai Nilai-Nilai Budaya dan Karakter Bangsa. misinya adalah :

  • Mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas di lingkungan dalam dan luar sekolah.
  • Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman.
  • Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
  • Mengupayakan pemanfaatan waktu belajar, sumber daya fisik, dan manusia agar memberikan hasil yang terbaik bagi perkembangan peserta didik.

Related For SMA Negeri 4 Balikpapan