ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 4 Parepare

September 3, 2016 | Info pendidikan

hqdefault

SMA Negeri 4 Parepare

SMA Negeri 4 Parepare merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan SMA pada umumnya, masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 4 Parepare ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 4 Parepare, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 Sejarah singkat

Sekolah Guru Pendidikan Jasmani (SPGD) Negeri Parepare didirikan pada tanggal 1 Agustus 1962 dengan lama pendidikan 4 tahun dan diresmikan berdirinya pada tanggal 5 Oktober 1962 berdasarkan Instruksi Menteri  Olahraga Republik Indonesia tanggal 5 Oktober 1962 Nomor: 7 Tahun 1962. Kemudian pada tanggal 7 Agustus 1963 SGPD berubah menjadi Sekolah Menengah Olahraga Tingkat Atas disingkat dengan SMOA Negeri Parepare.

Selanjutnya pada tahun 1976, Sekolah Menengah Olahraga Tingkat Atas (SMOA) Negeri Parepare berubah kelembagaannya menjadi Sekolah Guru Olah Raga (SGO) Negeri Parepare. Perubahan ini didasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomo: 0257/0/1976 tanggal 19 Oktober 1976.

Pada tanggal 1 Juli 1991 keluar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0116/0/1991 tanggal 15 Maret tentang pengalihan SPG/SGO pada Institut Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri. Hanya berselang 5 hari saja keluar Surat Keputusan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomo: 119/1/1991 tanggal 20 Maret 1991 mempertegas alih fungsi SPG/SGO di Sulawesi Selatan. Akhirnya pada tahun 1991 lembaga ini berubah menjadi Sekolah Menengah Umum negeri 4 Parepare hingga sekarang. Pejabat Kepala SMA Negeri 4 Parepare sejak  1991 s.d. sekarang.

  • Tahun 1991 – 1997 dipimpin oleh Drs. M.P. Sirenden
  • Tahun 1997 – 2000 dipimpin oleh Bapak Muh.Sukarta Saleh., S.Pd
  • Tahun 2000-2003 dipimpin oleh Bapak La Tjanding
  • Tahun 2003 – 2007 dipimpin oleh Bapak Drs. H. Lukman., M.Pd
  • Tahun 2008 – 2009 dipimpin oleh Bapak Drs. Ahmad Ismail
  • Tahun 2009 – sekarang dipimpin oleh Bapak Drs. Muh. Agus.,MM

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh SMA Negeri 4 Parepare, yaitu Mempersiapkan peserta didik menuju unggul dalam prestasi, berbudaya dan berimtaq yang mampu bersaing diera global. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran;
  • Mengoptimalkan potensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimiliki;
  • Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan nilai-nilai budaya bangsa;
  • Menumbuhkan semangat kebersamaan seluruh warga sekolah dalam penerapan manajemen partsipatif;
  • Mewujudkan Warga Sekolah yang Peduli pada Kelestarian Lingkungan demi Terciptanya Sekolah yang Berwawasan Lingkungan.

Related For SMA Negeri 4 Parepare