ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 4 Tasikmalya

February 15, 2016 | Info pendidikan

SMA Negeri 4 Tasikmalya

SMA Negeri 4 Tasikmalya merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 4 Tasikmalya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 4 Tasikmalya resmi beroperasi sebagai institusi pendidikan pada tahun ajaran 1983/1984.Cikal bakal (embrio) SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah SMA Negeri Cilembang dengan status filial SMA Negeri 1 Tasikmalaya.

Pada proses awal berjalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) Di SMA Negeri 4 Tasikmalaya diikuti oleh siswa kelas 1 angkatan pertama tercatat sebanyak 192 orang, terdiri dari siswa perempuan 79 orang, siwa laki-laki 113 orang dan menempati 4 lokal ruang belajar dari 6 lokal ruang belajar yang ada. Tenaga pengajar perintis adalah Guru-guru mutasi dari SLTP dan SLTA yang ada di Kota Tasikmalaya.

Dengan rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat 2 Tasikmalaya, Kolonel H. Hudly Bambang Aruman dan dukungan instansi terkait lain serta restu Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat, SMA Negeri 4 Tasikmalaya berdiri dan diresmikan tanggal 3 November 1983. Pengerjaan bangunan fisik yang terdiri dari 6 lokal ruang belajar masing masing berukurang 8X9 meter dan 1 local ruang kantor dilaksanakan oleh kontraktor CV. Pelita Jaya Tasikmalaya. Pada tanggal 7 mei 1984 Bupati Tasikmalaya dengan resmi menyerahkan bangunan SMA Negeri 4 Tasikmalaya berikut peralatannya kepada kepala KANDEPDIKBUD Kabupaten Tasikmalaya sebagai lambaga yang berwenang dan bertanggung jawab dalam bidang operasionalnya.

SMA Negeri 4 Tasikmalaya saat ini telah membuktikan diri menjadi sebuah lembaga pendidikan tingkat menengah yang berkualitas dan bergengsi sehingga bisa diterima dengan penuh antusias oleh segenap lapisan masyarakat.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Dengan berlandaskan Iman dan Taqwa maju berprestasi. Mampu menjadi sekolah unggulan menempati peringkat ke tiga terbaik di kota Tasikmalaya pada tahun 2014. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Melaksanakan pendidikan yang berorientasi kepada pengingkatan Imtaq dan Iptek
  • Membentuk watak dan kepribadian siswa yang cerdas terampil di bidang akademik dan non-akademik, berbudi pekerti luhur, memiliki tanggung jawab social, bermartabat dan berjiwa kebangsaan.
  • Pelaksanaan disiplin peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan sikap profesionalisme pendidik.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk menjadi sekolah yang berbasis teknologi informasi
  • Pemberdayaan stake holder dalam pengembangan pendidikan
  • Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas sekolah sebagai pusat pendidikan yang berdaya saing

Related For SMA Negeri 4 Tasikmalya