ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 5 Bintan

September 3, 2016 | Info pendidikan

 ByipnHLCQAAkysP

SMA Negeri 5 Bintan

SMA Negeri 5 Bintan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 5 Bintan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 5 Bintan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 5 Bintan terletak digugusan Kepulauan Riau, tepatnya di Pulau Bintan. Wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Pulau Bintan  dikenal sebagai Kawasan ZES ( Kawasan Ekonomi Khusus ) yang berada di kawasan Singapore, Johor/Malaysia. Sebagian pulau-pulau tersebut sudah dihuni sejak lama dan dikembangkan sebagai daerah Industri dan obyek rekreasi dan pariwisata Internasional.

Pulau Bintan merupakan pulau paling Besar di gugusan laut Kepulauan Riau. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Provinsi  Kepulauan Riau. Tata tempat tinggal dan sanitasi Pulau Bintan cukup baik, sedangkan sarana dan prasarana cukup memadai mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, tempat pelelangan ikan (TPI),Kawasan Industri manufacture dan industri  wisata bertaraf Internasional.

Untuk pengembangan wilayah transportasi laut memang sangat strategis dan dibutuhkan, namun sarana ini relatif mahal namun cukup memadai. Kondisi jalan darat berupa jalan protokol provinsi yang kedepannya akan dibangun jembatan penghubung Pulau Bintan dan Batam.

SMA Negeri 5 Bintan berada dijalan Sekera Nomor 11 Tanjung Uban, Kelurahan Tanjung Uban Utara, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Propinsi Kepulauan Riau. Terletak di daerah pesisir pantai, bebas polusi jauh dari kebisingan dan ditambah dengan suasana yang tenang untuk proses belajar mengajar serta suasana sekolah yang rapi dan bersih yang menambah suasana belajar yang kondusif.

SMA Negeri 5 Bintan didirikan pada tahun 1993 yang merupakan Unit Sekolah Baru dari DepDikBud. Pimpinan Sekolah yang pernah bertugas di SMA Negeri 5 Bintan sejak awal berdirinya  (1993) adalah :

  • Aminullah, BA Tahun 1993 s/d  1996
  • Faizal,MPd Tahun 1996 s/d   2003
  • Wiharjo
  • Abdul Gafur
  • Sunaryono,M.Pd

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 5 Bintan adalah Terwujudnya  Kondisi  Sekolah Yang Bersih, Rindang dan Indah Lingkungan, Disiplin, Prestasi dan Taqwa. Sementara misinya :

  • Menumbuhkan semangat peduli lingkungan bagi seluruh warga sekolah sehingga tercipta sekolah yang bersih, rindang  dan indah.
  • Melaksanakan disiplin sekolah dengan baik.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan inovatif yang berorientasi kepada pencapaian kompetensi dengan tetap mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
  • Menumbuhkan semangat berprestasi dan kompetitif kepada seluruh warga sekolah sehingga lulusannya dapat diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia.
  • Mengikuti berbagai pertandingan akademik maupun non akademik

Related For SMA Negeri 5 Bintan