ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 5 Palopo

September 3, 2016 | Info pendidikan

edy2

SMA Negeri 5 Palopo

SMA Negeri 5 Palopo merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 5 Palopo, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 5 Palopo berdiri berdasarkan Keputusan Mentri Pendidikan Nasional yang peresmian penggunaannya dilaksanakan pada tangal 7 Maret 2007. Pendirian sekolah ini untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan di Sulawesi Selatan dan khususnya di Kota Palopo, sebagai wadah dan wahana untuk mencetak sumber daya manusia yang berilmu, bermutu dan berakhlak sebagaiama amanah “Tujuan Pendidikan Nasional“ yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

SMA Negeri 5 Palopo pertama kali menerima siswa baru pada Tahun Pelajaran  2006/2007 yang saat itu masih melalui Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Palopo. Jumlah siswa yang diterima angkatan pertama sebanyak 3 kelas  dengan jumlah siswa 120 Orang. Selama kurang lebih 7 Bulan kegiatan pembelajaran berlangsung di gedung SMA PGRI Palopo Jl. K.H.M. Razak dan saat itu SMA Negeri 5 palopo diasuh oleh 5 Orang Guru ditambah 1 orang Kepala Sekolah dan dibantu oleh guru yayasan SMA PGRI Palopo.

Pada tanggal 30 Juli 2006 bertempat di Lapangan Upacara SMA PGRI palopo secara resmi diserahkan oleh bapak Kepala Dinas Dikpora Kota Palopo yang diwakili Kepala Bagian Dikmen Bapak Drs. Supriono, M.Si. kepada pihak sekolah.  Hari Senin tanggal 26 Februari 2007 Kegiatan Belajar Mengajar untuk pertama kalinya berlangsung di Gedung SMA Negeri 5 Palopo (gedung sendiri) yang bertempat di Jalan Andi Kaddi Radja Kelurahan Takkalala dan pada tanggal 7 Maret 2007 penggunaan Gedung Sekolah diresmikan oleh Bapak Wali Kota Palopo.

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 5 Palopo adalah Unggul dalam Prestasi, Religius, dan Berwawasan teknologi Informasi dan Komunikasi serta Berpijak pada Karakter Budaya Bangsa. sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut ini :

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang  dimiliki secara optimal berlandaskan etika, logika, estetika dan kinestika.
  • Mendorong dan membantu guru untuk berkreasi dalam mengembangkan materi pokok bahan ajar dengan memanfaatkan berbagaimedia termasuk media TIK.
  • Menerapkan Manajemen Berbasis sekolah (MBS) dan partisipasi seluruh stakeholder sekolah.
  • Menerapkan sistim belajar tuntas (mastery learning) sehingga siswa mempunyai kompetensi sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.
  • Mengakomodasikan kecakapan hidup (life skill) secara terpadu dan proporsional dalam proses pembelajaran.
  • Mengembangkan kompetensi dasar siswa secara seimbang antara ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
  • Memaksimalkan pengelolaan dan penggunaan laboratorium yang dimiliki sekolah.

Related For SMA Negeri 5 Palopo