SMA Negeri 6 Semarang

WXrCRG_B

SMA Negeri 6 Semarang

SMA Negeri 6 Semarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 6 Semarang, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA 6 Semarang secara resmi didirikan pada tanggal 6 Agustus 1979 lewat Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 99/SK/B/III/65-66 tertanggal 3 September 1965. Pemilihan tanggal tersebut didasarkan atas terealisasinya penerimaan siswa baru kelas I SMA 6 Semarang untuk pertama kalinya di gedung yang bertempat di Jl. Ronggolawe sesuai instruksi Kakanwil c/q Kepala Bidang Pendidikan Menengah Umum Kantor Wilayah Departemen P dan K Provinsi Jawa Tengah.

Perkembanan SMA 6 Semarang pada tahun-tahun awal didirikan banyak mengalami hambatan dalam hal sarana dan prasarana yang merupakan unsure vital dalam kelangsungan hidup sebuah institusi pendidikan. Mulai dari keterbatasan gedung/ruang untuk kegiatan belajar mengajar, kondisi tanah yang masih berupa lapangan dan rawa (belum diurug), tidak adanya pagar sebagai pengaman sekolah, belum tersedianya ruang perpustakaan, sampai pada keterbatasan alat-alat laboratorium sebagai sarana praktikum siswa untuk melengkapi pengetahuan yang didapat di kelas. Bantuan maupun droping alat-alat dan bahan pelajaran dari pemerintah serta dana pengelolaan dan pembinaan rutin belum dapat diterima karena SMA 6 belum terdaftar dalam Daftar Isian Proyek (DIP).

Namun semua kondisi tersebut tidak menghalangi usaha keras dan niat penyelenggara Pendidikan SMA 6 Semarang. Semua komponen yang terdiri atas Kepala Sekolah beserta staf, guru, karyawan, dan pengurus BP3 bekerjasama membangun dan membesarkan SMA 6 tercinta. Bantuan dari orang tua / wali murid juga ikut berperan dalam pembangunan SMA 6 Semarang. Pada tahun 2020 yang akan datang, SMA 6 Semarang akan mempunyai kampus yang lebih representative sesuai dengan master plan yang ada.