SMA Negeri 7 Surakarta

images (1)

SMA Negeri 7 Surakarta

SMA Negeri 7 Surakarta merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Dalam sistem ini, siswa kemajuan melalui serangkaian sekolah. Selain sekolah-sekolah inti, siswa di negara tertentu juga mungkin memiliki akses dan mengikuti sekolah-sekolah baik sebelum dan sesudah pendidikan dasar dan menengah. TK atau pra-sekolah menyediakan sekolah beberapa anak-anak yang sangat muda (biasanya umur 4-5 tahun).

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Alternatif sekolah dapat menyediakan kurikulum dan metode non tradisional. Ada juga sekolah non pemerintah yang disebut sebagai sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 7 Surakarta, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 7 Surakarta berdiri sejak tahun 1984 . Dalam usianya yang telah seperempat abad tersebut, SMA Negeri 7 surakarta  telah menempatkan dirinya sebagai salah satu sekolah yang menjadi dambaan dan harapan warga masyarakat surakarta  khususnya dan Jawa Tengah umumnya. Dambaan dan harapan tersebut mengandung arti suatu tuntutan agar semua pelaksanaan kependidikan di SMA Negeri  7 Surakarta harus selalu meningkatkan kualitas dan kinerjanya sehingga  selalu menjadi sekolah yang terdepan  mutunya dalam mengelola kegiatan kependidikan.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional sebagai perubahan dari Undang-Undang nomor 2 tahun 1989 yang kemudian diikuti dengan peraturan pelaksanaannya yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dan Teknologi serta Kesenian di era globalisasi dewasa ini semakin mempertegas tuntutan diatas dan bawah lulusan SMA Negeri 7 Surakarta harus memiliki kemampuan lebih dalam di segala bidang, baik moral maupun akademis/non akademis.

Untuk mewujudkan tujuan diatas sekaligus merespon kebijakan pemerintah di era reformasi yaitu Otonomi Daerah dibidang pendidikan yang diberlakukan di seluruh Indonesia, SMA Negeri 7 Surakarta  menetapkan visi sekolah “Unggul Dalam  Prestasi , Berlandaskan IMTAQ , Berwawasan Global”.