ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri 8 Balikpapan

September 3, 2016 | Info pendidikan

maxresdefault

SMA Negeri 8 Balikpapan

SMA Negeri 8 Balikpapan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 8 Balikpapan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri 8 Balikpapan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri 8 Balikpapan  merupakan Sekolah Menengah Atas yang didirikan oleh pemerintah kota Balikpapan dan diresmikan oleh Bapak Wali Kota Balikpapan H.Imdaad Hamid,SE.  pada tanggal  15 Juli 2004, Sekolah ini dibangun di atas lahan  milik  pemerintah kota Balikpapan seluas 10.000 m2  yang ditetapkan dengan surat penguasaan tanah oleh asistem administrasi dengan nomor 027 / 187 / PP / 2008 dan terletak di kawasan konservasi hutan mangrove Margo Mulyo tepatnya di Jl.AMD, Gunung Empat Kelurahan Margo Mulyo, Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur,

SMA Negeri 8, ditetapkan sebagai sekolah berwawasan lingkungan mangrove oleh Wali Kota Balikpapan berdasarkan keputusan Wali Kota Balikpapan Nomor : 21//PRTH/BPDL/VIII/2008 dan saat ini SMA Negeri 8 merupakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal    melalui muatan lokal yaitu Pendidikan Lingkungan Hidup ( PLH ) yang bersifat monolitik yaitu Pendidikan Lingkungan Hidup yang berdiri sendiri dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar serta silabus yang dibuat secara mandiri.

Sejalan dengan hal tersebut, SMA Negeri 8  Balikpapan selalu berupaya meningkatkan mutu sekolah diantaranya dengan terus menerus memperbarui sistem kurikulum sekolah, sesuai dengan amanat Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Lahirnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan adalah amanat penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah, dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) yang tertuang pada Permen Diknas No 22 tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang tertuang pada Permen Diknas No 23 tahun 2006 serta berpedoman pada panduan penyusunan KTSP yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Visi dan misi

Visi SMA Negeri 8 Balikpapan adalah Menjadi sekolah unggul dalam bidang akademis dan non-akademis yang berlandaskan iman dan taqwa serta peduli terhadap lingkungan. Misinya :

  • Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.
  • Menumbuhkan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif  ”learning athmosfir”
  • Mendorong pemanfaatan informasi dan teknologi (IT) dalam setiap kegiatan.
  • Menumbuhkan minat untuk berkreasi, berinovasi dan berkompetisi.
  • Meningkatkan kesadaran untuk mengkaji dan mengamalkan ajaran agama yang dianut.
  • Menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan
  • Mewujudkan lingkungan sekolah yang ”green, clean and healthy”.

Related For SMA Negeri 8 Balikpapan