SMA Negeri Ajibarang

SMA Negeri Ajibarang

SMA Negeri Ajibarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri Ajibarang, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Negeri Ajibarang secara resmi sejak tanggal 18 Februari 1984 (Penegerian), namun saat SMA ini dinegerikan Kepala Sekolah masih diampu oleh Kepala SMA Negeri 1 Purwokerto (Bapak Sudiro Wirohartono). Saat itu pula belum ada guru tetap,(semuanya masih guru pinjaman). Sejak tanggal 15 Maret 1984 tugas Kepala Sekolah dipegang oleh Bapak Soepeno, B.A(Surat Kawat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 17328/C/K 1-2/1985 tanggal 1 Maret 1985). Maka sejak saat itu Bapak Soepeno, B.A, menjadi Kepala Sekolah yang pertama. Situasi dan kondisi yang diserahterimakan dari Bapak Drs. Soediro Wirohartono kepada Bapak Soepeno, BA, masih tetap (seperti pada waktu penegerian). Mengingat kesulitan yang pernah dialami yaitu dengan adanya guru pinjaman dari sekolah lain, maka ketika sekolah asal sedang mengadakan test, sebgaian besar gurunya ditarik kembali ke sekolah masing-masing (sekolah asal) sehingga praktis SMA Negeri Ajibarang tidak ada guru yang mengajar, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kurang tertib.

Belajar dari kenyataan tersebut, maka Kepala Sekolah mengambil kebijakan untuk melepas guru-guru pinjaman tersebut dan mengangkat guru-guru wiyata bakti yang berpendidikan sesuai sebagai Guru SMA. Tahun demi tahun kekurangan guru dapat diatasi dengan di droping dari penempatan guru baru dari pemerintah.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Mewujudkan Insan Indonesia yang berkepribadian Pancasila, Unggul dalam Imtaq dan Iptek, agar mampu bersaing secara nasional maupun global. Sementara misinya :

  • Menyediakan tempat ibadah yang representatif agar warga sekolah dapat melaksanakan ibadah dengan khusu’.
  • Menyediakan sarana prasarana pendidikan yang dibutuhkan agar warga sekolah dapat belajar dengan baik.
  • Meningkatkan pelayanan kepada semua warga sekolah dengan baik.
  • Menyediakan sarana belajar yang memadai dan efektif
  • Melaksanakan proses belajar mengajar dengan pendekatan aktif, kreatif, efektif, inspiratif, inovatif dan menyenangkan sehingga para peserta didik mempunyai daya saing yang berkesinambungan (Suistainability).
  • Menyediakan wadah untuk kegiatan siswa sehingga para siswa mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan hobi dan bakatnya masing-masing lewat kegiatan ekstrakurikuler.
  • Menyediakan wahana pembinaan dan pengembangan apresiasi seni dan kewirausahaan
  • Meningkatkan kualitas pembinaan tim Olimpiade MIPA dan Komputer
  • Memfasilitasi siswa untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga siap menempuh studi lanjut