ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Negeri Bareng

July 31, 2016 | Info pendidikan

 2011-10-31 07.10.30

SMA Negeri Bareng

SMA Negeri Bareng merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri Bareng, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Tepatnya pada tahun 1998, rencana pengembangan SMAN Bareng sudah tercetus. Rencana tersebut merupakan salah satu proyek pengembangan wilayah kependidikan tingkat atas (daerah-daerah pendidikan) oleh pemerintah daerah Kabupaten Jombang yang dikhususkan untuk daerah-daerah pinggiran.

Mengapa kecamatan Bareng terpilih menjadi menjadi salah satu tempat pengembangan proyek pendidikan tersebut? Bareng merupakan salah satu wilayah pinggiran dengan masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan. Terbukti dari pelajar yang berasal dari daerah Bareng jumlahnya cukup banyak. Kebanyakan dari mereka bersekolah keluar daerah daerahnya (di daerah kecamatan lain) dengan alasan di daerah kecamatan Bareng sendiri belum terdapat sekolah menengah atas yang berstatus negeri.

Pada tahun 1999 tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Desa Mojotengah SMA Negeri Bareng telah diresmikan. Walaupun disekitar Gedung sekolah masih berupa sawah / lahan basah, dengan kelas yang terbatas, tidak sesuai dengan jumlah murid, tetapi merupakan suatu kebanggaan waktu itu, karena gedung sudah milik sendiri.

Peranan para kepala sekolah sebagai Leader / Pemimpin dan Penanggung Jawab sangat berarti dalam memajukan sekolah dari tahun ke tahun, dengan beberapa kali pergantian kepala sekolah, melalui kerja keras, yang dilandasi semangat berjuang untuk beribadah, dengan mengalami segala suka dan duka, kelebihan dan kekurangannya dan dibantu oleh seluruh komponen sekolah dengan loyalitas dan dedikasi yang tinggi, termasuk KOMITE dan stakeholder dan instansi terkait, maka terwujudlah SMA Negeri Bareng yang seperti sekarang ini, sebagai SMA favorit yang dikenal dan diperhitungkan, dibanggakan dan digandrungi, sering dijadikan mitra dalam Magang oleh instansi-instansi yang lain, baik secara regional maupun nasional.

Visi dan misi

Visi SMA Negeri Bareng  adalah Bertaqwa, Berprestasi, Berkepribadian Luhur, Dan Berdaya Saing Global. Sementara misinya adalah :

  • Meningkatkan pengalaman nilai-nilai agama dalam kehidupan warga
  • Menerapkan dan mengevaluasi kurikum sekolah sesuai perkembangan global
  • Meningkatkan kualitas lulusan yang bermartabat, kretif dan mandiri
  • Membudayakan disiplin untuk mewujudkan kinerja sekolah yang optimal
  • Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingnan yang berkualitas dan efektif sesuai dengan perkembangan global
  • Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global
  • Meningkatkan pemanfaatan sarana prasarana dan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk menunjang proses belajar mengajar
  • Menerapkan manajemen MPMBS ( Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ) yang berkualitas

Related For SMA Negeri Bareng