SMA Negeri Batang

5

SMA Negeri Batang

SMA Negeri Batang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Negeri Batang, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Adalah suatu kenyataan, bahwa SMA Negeri Batang sudah tidak mampu lagi menampung calon2 siswa SMA lulusan SMP-SMP diseluruh wilayah yang meliputi tiga Daerah : Kotamadya Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang.

Dari tahun ketahun dengan meningkatnya jumlah lulusan SMA makin meningkat pula banyaknya calon siswa SMA yang tidak mendapat tempat di SMA Negeri Pekalongan. Mereka terpaksa mencari lain yang sudah tentu tidak lagi sesuai dengan cita-cita semula.

Kabupaten batang, dengan daerahnya yang luas, mempunyai tidak kurang dari 10 (sepuluh) SMP Swasta/Negeri, yang tersebar ditiap-tiap Kecamatan. Tetapi sebegitu jauh Kabupaten ini tidak mempunyai sebuah SMA pun. Dengan meningkatnya jumlah lulusan SMP se-Kabupaten Batang, makin banyak pula calon siswa SMA yang gagal, artinya tidak diterima di SMA Negeri Pekalongan.

Kenyataan yang menyedihkan ini, ditambah lagi dengan keluhan orang tua calon siswa SMA yang gagal melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri Pekalongan, mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Dati II Batang untuk mengatasi masalah ini. Maka dibentuklah Panitia Pelaksana Persiapan Pendirian SMA Negeri Batang.

Berkat kerjasama yang baik antara Direktur SMA Negeri Pekalongan Cq. Bapak R. Raharjo W. BA, dengan Panitia Pelaksanaan Persiapan Pendirian SMA Negeri Batang, maka lahirlah SMA Persiapan Negeri Batang pada permulaan tahun Ajaran 1976 dengan siswa 90 orang, yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas. Sekolah ini masuk siang hari dari jam 13.30 sampai dengan 17.45.

Melihat penyelenggaraannya yang baik, kami yakin bahwa sekolah yang baru lahir ini dapat diharapkan menjadi embrionya SMA Negeri Batang. Dalam tahun ajaran 1977 yang akan dating akan diterima siswa baru sebanyak 2 (dua) kelas dan diharapkan sudah dapat menempati Gedungnya yang baru dengan 6 (enam) kelasnya

Visi dan misi

Adapun visi sekolah, berupa Terwujudnya SMA Negeri 1 Batang Yang unggul dalam prestasi, Berakhlak Mulia berbudaya, berkarakter dan berwawasan lingkungan. Sementara misinya adalah :

  • Membentuk sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Menumbuhkan semangat keunggulan peserta didik secara intensif dan optimal
  • Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara efektif agar potensi siswa berkembang secara optimal
  • Membantu dan mendorong setiap peserta didik dalam mengenali potensi diri melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
  • Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak