ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah

February 11, 2016 | Info pendidikan

SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah

SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Universitas, sekolah kejuruan, perguruan tinggi atau atau seminari mungkin tersedia setelah sekolah menengah. Sebuah sekolah mungkin juga didedikasikan untuk satu bidang tertentu, seperti sekolah ekonomi atau sekolah tari.

Saat ini, kata sekolah berubah arti menjadi: merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.Jumlah wakil kepala sekolah di setiap sekolah berbeda, tergantung dengan kebutuhannya. Bangunan sekolah disusun meninggi untuk memanfaatkan tanah yang tersedia dan dapat diisi dengan fasilitas yang lain.

Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer. Dalam homeschooling dan sekolah online, pengajaran dan pembelajaran berlangsung di luar gedung sekolah tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Pendidikan karakter yang harus menjadi belahan mata uang dari pendidikan sains tidaklah cukup dengan hanya mentransmisikan nilai-nilai budi pekerti (Akhlak) dan norma-norma keagamaan, tetapi memerlukan suatu proses pendidikan yang mencakup penghayatan, pelatihan (drilling) dan pembiasaan. Dan ini hanya dapat dilaksanakan dalam system pendidikan kampus yang terpadu (Boarding School) dan mengarah kepada pembinaan kepribadian seutuhnya (Integrate personality). Proses pendidikan terpadu demikian ini dapat dilaksanakan oleh lembaga pendidikan pesantren, dan lebih dari itu hanya dengan pendidikan pesantren dapat dilaksanakan pendidikan karakter yang berakar kepada keyakinan hidup dan keagamaan yang tidak akan tergoyahkan oleh arus perubahan nilai-nilai sosial budaya yang dihembuskan oleh era globalisasi.

Bertolak dari realita tersebut maka HAYATAN THAYYIBAH dibangun untuk berperan serta mencetak dan mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa dan kader-kader pemimpin umat yang beriman kuat, berakhlak mulia, memiliki wawasan nasional dan wawasan pembangunan.

Lembaga pendidikan yang terletak di Jl. Karamat No. 123 Kota Sukabumi ini hanya menyelenggarakan pendidikan SMA saja, menginjak usianya yang ke 12 tahun SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah sudah menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah yang muridnya hanya laki-laki saja ini, dipimpin oleh Al-Ustadz Drs. H. Ahmad Dzaki Salim dengan dibantu oleh 25 orang tenaga pendidik yang berpengalaman dalam bidangnya dan 27 orang tenaga kependidikan, selain itu di sekolah ini juga diaktifkan penggunaan bahasa asing dalam proses pembelajarannya.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu “Unggul dalam Iman dan Taqwa, Terdepan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menuju Sekolah Bertaraf Internasional.” Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dan Sunnah Nabawiyyah.
  • Meningkatkan kemampuan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  • Membudayakan penggunaan Bahasa Asing.
  • Mengkondisikan Sekolah sebagai komunitas Pesantren berwawasan global.
  • Melaksanakan proses belajar mengajar berbasis Teknologi dan Informasi.

Tujuan SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah secara umum :

  • Siswa SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah pada tahun 2011 lulus Ujian Nasional 100%
  • Nilai Rata-rata siswa SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Ujian Nasional pada 2011 minimal 7.00
  • Lulusan SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah diterima di Perguruan Tinggi favorit dalam Negri maupun Luar Negri.
  • Memiliki Sister School Luar Negri pada tahun 2010 dalam bidang peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta student exchange.

Related For SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah