SMA PGRI 109 Tangerang

slide1

SMA PGRI 109 Tangerang

SMA PGRI 109 Tangerang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Banten, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Untuk lebih jelas mengenai SMA PGRI 109 Tangerang, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Dilatar belakangi perkembangan Pendidikan di Kabupaten Tangerang dan semakin banyaknya tuntutan tenaga pendidik di sekolah-sekolah dasar, maka pada tahun 1977 berdirilah Sekolah Pendidikan Guru (SPG) PGRI yang berlokasi di Jl. Pintu Air Sewan Tangerang.

SPG PGRI sebagai Lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Tangerang telah mendapatkan persetujuan dari YPLP PGRI Jawa Barat. Dengan nomor : 149/YP-PGRI/17/Kpt/1977, dengan nomor sekolah 12 tanggal 13 Maret 1977 dan juga Surat Ijin dari Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Nomor : 019/I02.Kep/1980.

Pada Tahun Pelajaran 1989/1990 SPG PGRI tidak lagi menerima siswa baru dikarenakan keluarnya Surat Edaran dari Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat, Nomor : 871/I02/89, tanggal 5 Juni 1989 tentang pengurangan sekolah keguruan yang dikembangkan atau dialih fungsikan menjadi sekolah umum atau sekolah kejuruan. Dengan adanya surat edaran tersebut maka SPG PGRI Tangerang beralih fungsi menjadi Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan diperkuat Surat Pengesahan dari Dewan Pengurus Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Propinsi Jawa Barat dengan nomor : 001/YPLP-PGRI/Kpt/90, tanggal 17 Pebruari 1990, dengan nomor urut sekolah 109.

SMA PGRI 109 Tangerang sekolah yang bernaung di bawah Pengelolaan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Banten , didirikan dengan tujuan untuk :

  • Menampung lulusan SLTP baik negeri maupun swasta yang tidak dapat diterima di SMU Negeri Kabupaten/Kota Tangerang, dan
  • Ikut membantu Program Pemerintah di bidang pendidikan Nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu “Mewujudkan peserta diklat yang berkualitas, profesional dilandasi dengan IMTAQ dan IPTEK “. Sementara misi yang hendak dicapai adalah :

  • Menghasilkan peserta diklat dengan memiliki moralitas yang baik dan mengedepankan Akhlakul Karimah.
  • Mempersiapkan peserta diklat yang terampil dan inovatif sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Meningkatkan mutu lulusan yang mampu beradaptasi dan bersaing di era globalisasi.
  • Mampu, mandiri dan menciptakan lapangan kerja.