ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA PU Al Bayan

January 14, 2016 | Info pendidikan

aacf62fbcdfbd0f8681750a1edfa6d89

SMA PU Al Bayan

SMA PU Al Bayan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di sekolah ini ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Untuk lebih jelas mengenai SMA PU Al Bayan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

SMA Pesantren Unggul Al Bayan (SMA PU Al Bayan) Cibadak Sukabumi berada di bawah naungan Yayasan Bina Ummat Sejahtera Jakarta yang selama ini komitmen bergerak pada bidang social dan pendidikan. Demi keberlangsungan dan menata keorganisasiannya, SMA Pesantren Unggul Al Bayan dinaungi langsung oleh Majelis Pengarah yang dibentuk oleh Yayasan Bina Ummat Sejahtera. Majelis inilah yang bertugas merumuskan, mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan pendidikan di SMA Pesantren Unggul Al Bayan.

SMA PU Al Bayan mulai beroperasi pada tahun pelajaran 1999/ 2000. peresmian tahun pelajaran 1999/ 2000 dilakukan oleh Menteri Agama saat itu, yaitu Drs. H. Malik Fajar, M.Sc. di kampus SMA Pesantren Unggul Al Bayan Cibadak Sukabumi Jawa Barat. Dan sebelumnya, pada tahun yang sama Menristek saat itu Dr. Zuhal dan Menparsesbud. Drs. H. Marzuki Usman, MA. turut meresmikan gedung Asrama dan Masjid SMA Pesantren Unggul Al Bayan.

Pada awal pendiriannya, siswa yang menjadi peserta didik tercatat 22 orang dari 6 propinsi yang tersebar disekitar 14 kabupaten/ kotamadya. Heterogen inilah yang membuat Proses Belajar Mengajar menjadi dinamis dan dipenuhi dengan nilai toleransi yang sangat tinggi.

Tenaga edukatif dimulai dengan 1 orang Kepala Sekolah, 6 orang guru yang direkrut dengan bantuan BPPT, 1 orang Kepala TU, 1 orang pesuruh dan 2 orang Satpam merangkap penjaga kebersihan. Kekurangan tenaga pengajarditutupi dengan pengmbilan guru tidak tetap sebanyak 4 orang dari guru SMA Negeri Cibadak dan sekolah lain.

Materi yang diberikan kepada siswa tidak lepas dari kurikulum yang sedang berlaku sesuai dengan ketetapan Dinas Pendidikan, dengan penambahan jumlah jam pelajaran masing-masing 2 jam pada mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris, disamping itupun diberikan muatan kurikulum aliyah untuk program kepesantrenan dan dilengkapi pula oleh pelajaran Komputer, Bahasa Sunda dan beladiri sebagai ekstra kurikuler yang wajib diikuti siswa

Visi dan misi

Adapun visi yang dimiliki oleh sekolah ini, yaitu Penumbuhan pribadi yang seimbang dalam penghayatan imaniyah, penalaran ilmiah dan memiliki kecakapan amaliyah sehingga tercipta pribadi yang berakhlakul karimah.

Sementara misi yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :

  • Menjadikan Ridho Allah Swt. sebagai tujuan dalam belajar dan bekerja secara profesional.
  • Membentuk pribadi yang cerdas, kreatif, inovatif dan berakhlakul Karimah
  • Mengaplikasikan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai dengan penghayatan religius sebagai bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Related For SMA PU Al Bayan