ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMA YPK

September 3, 2016 | Info pendidikan

aacf62fbcdfbd0f8681750a1edfa6d89

SMA YPK

SMA YPK merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan SMA pada lainnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA YPK ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar Negara mempunyai sistem pendidikan formal yang umumnya bersifat wajib.

Ada juga sekolah non-pemerintah, yang disebut sekolah swasta. Sekolah swasta mungkin untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus ketika pemerintah tidak bisa memberi sekolah khusus bagi mereka; keagamaan, seperti sekolah Islam, sekolah Kristen, hawzas, yeshivas dan lain-lain, atau sekolah yang memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi atau berusaha untuk mengembangkan prestasi pribadi lainnya. Sekolah untuk orang dewasa meliputi lembaga-lembaga pelatihan perusahaan dan pendidikan dan pelatihan militer.

Untuk lebih jelas mengenai SMA YPK, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah singkat

Bontang tahun 1980. Hutan-hutan baru saja dibuka. Pemukiman yang terdiri dari camp-camp tempat menampung karyawan PT. Pupuk Kaltim baru beberapa. Jalan-jalan penuh lumpur sampai ke lutut. Para pionir berkutat mengerjakan proyek pabrik Kaltim-1 yang merupakan cikal bakal berdirinya kompleks pabrik pupuk PT. Pupuk Kaltim (Persero). Demikianlah situasi dan kondisi saat itu.

Tanggal 17 Mei 1982 dibentuklah Panitia Pendidikan Keluarga PT. Pupuk Kaltim (Persero) yang diketuai oleh Gabriel S. Trisunjata dengan anggota Bachtiar Effendi, Taufik Amrullah, Rosma Asrin Yacob, Sjahid Daroini, Iman Santoso, Joris de Fretes, Deddy Soedarsono, Rustono Rusmin, dan Adam Arifin. Panitia inilah yang membidani pendirian TK dan SD YPK yang permanen yang berlokasi di kompleks perumahan PC VI PT. Pupuk Kaltim. Dan tonggak penting dalam catatan sejarah pendidikan di PT. Pupuk Kaltim tergelar dengan didirikannya YPK pada tanggal 23 Februari 1983.

Tahun-tahun berikutnya sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan YPK tersebut semakin berkembang dan terus berkibar sebagai pembawa citra baru pendidikan di daerah ini. Prestasi akademik maupun nonakademik ditorehkan dengan tinta emas. Banyak siswa maupun gurunya yang berhasil memenangi lomba-lomba baik tingkat regional, nasional, bahkan beberapa di antaranya sampai ke event internasional. Lulusan siswa SMA YPK-pun, sebagai hasil proses yang panjang, semakin banyak menembus perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di negeri ini. Pada tahun 2009 bahkan mencapai lebih dari 75%. Belum lagi yang di PTS favorit. Ini adalah angka yang fantastis. Membuat silet yang tajam dengan bahan baku baja lebih mudah daripada membuat silet yang berbahan baku tembaga. Demikian ungkapan yang disampaikan oleh Ketua YPK periode 1991-1999, Ir. Prabowo, kala itu. Bagaimana tidak? Input siswa yang masuk ke sekolah-sekolah YPK sangat-sangat heterogen. Dari yang “asal lulus” sampai pada yang memang benar-benar excellent. Itu berlangsung sampai sekarang. Ini bisa terwujud karena kompetensi, komitmen dan dedikasi semua pihak, khususnya gurunya.

Visi dan misi

Visi SMA YPK adalah Terwujudnya SDM  yang bermutu , berwawasan lingkungan kebangsaan, serta kompetitif  di era global. Misinya :

  • Membentuk SDM yang berbudi pekerti luhur, mandiri, kreatif dan cerdas
  • Menciptakan lingkungan belajra yang kondusif dan berwawasan lingkungan
  • Membudayakan sikap toleran dan menghargai kebhinekaan
  • Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik ditingkat kota, provinsi, nasional, dan internasional

Related For SMA YPK