SMK Diponegoro 2 Jakarta

6

SMK  Diponegoro 2 Jakarta

SMK  Diponegoro 2 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang terletak di Jalan Kayu Tinggi Cakung, Cakung Timur DKI Jakarta. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki akreditasi yang baik, sehingga tentu saja ini merupakan sekolah yang cukup diminati oleh banyak orang, tentu saja tergantung jurusan apa yang ingin peserta didik masuki. Sama seperti SMK pada umumnya, proses belajar di SMK  Diponegoro 2 Jakarta berlangsung selama 3 tahun belajar, mulai dari kelas X-XII.

Profil Sekolah

SMK Diponegoro 2 Jakarta mempunyai beberapa kompetensi keahlian, dimana dalam hal ini terbagi atas 2 Kompetensi yang terdiri dari administrasi Perkantoran dan akutansi, dimana jurusan tersebut memiliki akreditasi B yang telah ditetapkan pada tahun 2010, system pembelajaranya menggunakan KTSP.

Prasarana yang ada pada SMK Diponegoro 2 Jakarta sendiri adalah ruang kepala sekolah dan wakil, ruang guru, pelayanan administrasi, perpustakaan, ruang unit produksi, ruang ibadah, ruang bersama, ruang toilet, ruang gudang, asrama siswa, ruang bp/bk, ruang OSIS, ruang koperasi, ruang UKS, ruang penjaga Sekolah, Ruang kelas, Ruang praktek/bengkel/workshop,ruang praktek computer, ruang praktek adm perkantoran dan ruang praktek akutansi.

Hal yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah mengenai salah satu unsure penting yang harus ada dalam sekolah khusunya sekolah menengah kejuruan ini, yaitu adalah kerjasama yang telah dilakukan dalam waktu yang cukup lama antara sekolah yang bersangkutan dengan suatu perusahaan, dimana kerjasama ini dijalin untuk mendapatkan kepercayaan bagaimana sekolah ini dapat membentuk peserta didik yang memiliki karakter yang bagus dalam dunia kerja dan pada akhirnya bisa menjadi karyawan pada suatu perusahaan untuk memajukan perusahaan tersebut. Sekolah ini sendiri belum memiliki rekan kerjasama.

Perpustakaan merupakan tempat untuk mendapatkan pengetahuan yang sangat dicari oleh para pelajar yang mempunyai kerajinan dibandingkan dengan siswa/siswi pada umumnya, sehingga tentu saja jika suatu perpustakaan sekolah tidak bisa menyediakan beberapa buku yang dibutuhkan, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi daya kembang dari siswanya sendiri. Dengan adanya beberapa referensi dan rujukan yang mendukung untuk dibaca dan diikuti sesuai dengan kebutuhan dari siswa/I yang ada dalam sekolah ini sendiri. Buku-buku yang ada sendiri adalah seperti pendidikan agama, pendidikan kewarnegaraan dan sejarah, Bahasa Indonesia, pendidikan jasmani dan olahraga, Matematika dan adm perkantoran. Beberapa kelengkapan buku ini dapat menunjang pembelajaran yang ada.

Pembelajaran

SMK diponegoro 2 Jakarta ini juga memiliki beberapa system pembelajaran terkait dengan bagaimana penerapan yang ada dalam sekolah, dimana penerapan pembelajaran yang berbasis TIK dilakukan dengan menerapkan beberapa metode seperti Akses internet pada 4 mata pelajaran yang terkait dengan sekolah tersebut sementara untuk penerapan yang berbasis kewirausahaan belum dilakukan yang terkait dengan beberapa pelajaran yang ada dalam sekolah tersebut, dimana saling berkaitan dengan penerapan tersebut yang dibuat sekolah ini sendiri dan yang terakhir adalah penerapan pembelajaran yang bersifat membangun karakter bangsa dengan kesenian, olahraga, paskibra, OSIS, pramuka, PMR.