ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMK Negeri 1 Binangun

June 15, 2016 | Info pendidikan

20141021_091800

SMK Negeri 1 Binangun

SMK Negeri 1 Binangun merupakan sebuah sekolah kejuruan negeri yang didirikan berdasarkan SK No. 421.5/249/33/Th.2008. SMK Negeri 1 Binangun terletak di Jl. Lapangan desa Jati, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mendapatkan informasi mengenai SMK Negeri 1 Binangun dapat dengan mengunjungi website sekolah di smkn1binangun.sch.id atau dengan mengirim email ke smk1binangun@yahoo.co.id. Atau dengan menelepon pihak sekolah ke nomor telepon (0282) 5513264.

Profil Sekolah

SMK Negeri 1 Binangun mempunyai 2 kompetensi keahlian yang sudah terakreditasi, kedua kompetensi keahlian tersebut antara lain teknik kendaraan rinagn yang sudah terakreditasi B pada tahun 2011 dan teknik computer dan jaringan yang sudah terakreditsi B pada tahun 2011. Semua kompetensi keahlian ini sudah menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Siswa yang bersekolah di SMK Negeri 1 Binangun berjumlah 696 orang siswa. Masing masing kompetensi keahlian memiliki 3 rombong belajar tiap tingkat kelasnya. Pada jurusan teknik kendaraan ringan memiliki siswa 356 orang siswa yang semuanya adalah laki-laki sedangkan pada 340 orang yang terdiri dari 66 orang siswa laki-laki dan 274 orang siswa perempuan. Tidak ada siswa yang mengulang study mereka maupun putus sekolah.

Usia siswa yang ada di SMK Negeri 1 Binangun adalah 15 – 19 tahun. Siswa SMK Negeri 1 Binanun berasal dari berbagai kalangan mulai dari keluarga dengan ekonomi prasejahtera, menengah hingga sejahtera. Siswa baru yang masuk ke SMK Negeri 1 Binangun berasal dari SMP dan MTs.

Tenaga pendidik yang menagajar di SMK Negeri 1 Binangun berjumlah 45 orang yang terdiri dari 24 orang guru tetap PNS dan 21 orang guru tidak tetap non PNS. Guru-guru ini sabagian besar berpendidikan S1 dan beberapa orang berependidikan S2 dan D3. Dan beberapa giru juga sudah memiliki sertifikat pendidik professional. Guru-guru ini mengajar mata pelajaran adaptif, normative dan produktif.

Tenaga kependidikan yang bekerja di SMK Negeri 1 Binangun berjumlah 12 orang yang terdiri dari pedawai tetap PNS dan 11 orang pegawai tidak tetap non PNS. Tugas tenaga kependidikan yang ada di SMK Negeri 1 BIanangun antara lain sebagai tenaga perpustakaan. Kepala tata usaha, tenaga teknis praktek kejuruan, tenaga teknik kuangan, tenaga administrasi dan pesuruh serta penjaga sekolah.

Prasarana yang ada di SMK Negeri 1 Binangun antara lain adalah ruang kepala sekolah dan wakil, ruang pelayanan admintrasi, ruang ibadah, ruang toilet, ruang gudang, ruang kelas, ruang lab. Fisika/ kimia/ biologi, ruang praktek computer, ruang praktek teknik kendaraan ringan.

Prasarana ini didirikan diatas lahan mirip pemerintah dengan luas 15004 m2, dengan luas bangunan 6242 m2, sisanya digunakan taman, lapangan olah raga, kebun dan lain-lain. Infrastruktur yang ada di sekolah ini antara lain sumber listrik yang di suplay dari PLN dengan daya 5000-15000 watt, akses internet dengan provider Telkom dan sumber air bersih yang berasal dari mata air.

Sarana penunjang yang ada di sekolah ini cukup memadai bagi penghuni sekolah untuk menunjang kenyamanan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Binangun.

SMK Negeri 1 Binangun juga dilengkapi dengan sebuah perpustakaan. Perpustakaan ini dilengkapi dengan koleksi buku-buku yang cukup memadai bagi peningkatan prestasi bagi siswanya. Koleksi buku-buku tersebut antara lain seni dan budaya, BP/Bk, pendidikan jasmani dan olah raga, bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan sejarah, pendidikan agama, kimia, pengetahuan dasar teknik bangunan, pengetahuan dasar teknik mesin, pengetahuan dasar teknik mesin, IPS, ekonomi, biologi, Fisika, kewirausahaan, IPA, KKPI, bahasa Inggris, matematika, teknik computer dan jaringan, dan teknik kendaraan ringan.

Pembelajaran

SMK Negeri 1 Binangun sudah menerapkan pembelajaran berbasis TIK / e-pembelajaran bagi siswanya yaitu dengan cara LCD pada 15 mata pelajaran

Penerapan pembelajaran kewirausahaan bagi siswa SMK Negeri 1 Binangun sudah dilakukan yaitu dengan menerapkan Teaching Industri

Selain itu SMK Negeri 1 Binangun juga sudah menerapkan pembelajaran membangun karakter bangsa yaitu dengan menyelenggarakan ekstra/kokurikuler antara lain Olah Raga, Pecinta Alam, PMR, Paskibra, Pramuka, OSIS, Kesenian


Related For SMK Negeri 1 Binangun