ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten

February 12, 2016 | Info pendidikan

SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten

SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten merupakan sebuah sekolah kejuruan swasta yang didirkan pada tahun 2007 berdasarkan SK yang ditanda tangani oleh bupati no. 421.5/194/33/2007. SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten terletak di desa Kawungaten lor, Kecamatan Kawungaten, kabupate Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mengetahui informai lebih jelas mengenai SMK Tarbiyatul Islam kawungaten dapat dilakukan dengan cara mengirim email ke smkktik@yahoo.co.id atau dapat menghubungi nomor telepon SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten ke nomor (0282) 5501188.

Profil Sekolah

SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten meniliki 3 kompetensi keahlian. Kompetensi keahlian tersebut antara lain akuntansi yang sudah terakreditasi C pada tahun 2010, teknik computer dan jaringan dan administrasi perkantoran yang belum terakreditasi. Semua kompetensi keahlian ini sudah menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Jumlah siswa SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten adalah 305 orang dengan siswa laki-laki berjumlah 84 orang dan siswa perempuan berjumlah 221 orang. Pada jurusan akuntansi masing-masing tingkat kelas memiliki 2 rombongan belajar. Pada tingkat kelas 1 jumlah siswanya adalah 55 orang, pada tingkat kelas 2 jumlah siswanya adalah 72 orang dan pada tingkat kelas 3 jumlah siswanya adalah 48 orang. Pada jurusan administrasi perkantoran masing-masing tingkat kelas memiliki 1 rombungan belajar. Pada tingkat kelas 1 jumlah siswanya adalah 35 orang, pada tingkat kelas 2 jumlah siswanya adalah 22 orang dan pada tingkat kelas 3 jumlah siswanya adalah 20 orang. Sedangkan unutk jurusan teknik computer dan jaringan hanya memiliki 1 tingkatan kelas dengan 2 rombongan belajar dan jumlah siswa siswa 55 orang karena jurusan teknik computer dan jaringan merupakan jurusan yang baru dibuka di SMK ini. Dari siswa-siswa SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten tidak ada siswa yang mengulang maupun putus sekolah.

Umur siswa SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten adalah 15-19 tahun. Siswa SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten berasal dari keluarga dengan ekonomi prasejahtera hingga menengah sejahtera. Siswa baru yang masuk di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten ini berasal dari SMP, MTs dan Paket B.

Tenaga pendidik yang ada di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten berjumlah 30 orang dengan 18 orang guru tetap non PNS dan 13 orang guru tidak tetap non PNS. Tenaga pendidik tersebut mengajarkan mata pelajaran adaptif, normative dan produktif.

Tenaga kependidikan yang ada di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten berjumlah 7 orang. 6 orang diantaranya merupakanpegawai tetap non PNS dan 1 orang merupakan pegawa tidak tetap non PNS. Masing-masing tenaga kependidikann mengisi jabatan sebagai tenaga teknis praktek kejuruan, tenaga perpustakaan, tenaga lanoratorium, tenaga administrasi, kepala tata usaha, tenaga teknis keuangan dan pesuruh serta penjaga sekolah.

Sarana dan Prasarana

Prasarana yang ada di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten antara lain ruuang kepala sekolah dan wakil, ruang guru, ruangg pelayanan administrasi, ruang kantin bersama, ruang toilet, ruang gudang, asrama siswa, ruang UKS, ruang penjaga sekolah, ruang kelas, ruang praktek computer.

Prasarana ini didirikan diatas lahan milik yayasan seluas 6479 m 2, dengan lluas bangunan 2363 m2. Dan sisanya digunakan sebagai taman, lapangan olah raga, lahan praktek/ kebun, dan lain-lain.

Infrastruktur yang ada di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten antara lain sumberlistri dari PLN dengan daya 2200-5000 watt. Akses internet provider Telkom 512 Mbps dan sumber air bersih yang memadai.

Sarana pendukung SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten cukup memadai untuk mmemenuhu kebutuhan siswa-siswinya dalam menunjang proses belajar mengajarnya.

SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten juga memiliki sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan siswanya dalam menunjang prestasi akademisnya.

Pembelajaran 

Penerapan pembelajaran berbasis TIK / e- pembelajaran sudah diterapkan di SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten yaitu dengan cara akses internet, video on deman, penugasan online, power point, LCD, jaringan LAN pada 5 mata pelajarannya.

Penerapan pembelajaran kewirausahaan bagi siswa siswinya juga sudah diterapkan di SMK ini yaitu dengan menerapkan modal bergulir, grosir, retail dan door to door.

Selain itu SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten juga sudah menerapkan pembelajaran membangun karakter bangsa yaitu dengan menyelenggarakan  ekstra/ kokurikuler antara lain olah raga, pramuka, OSIS, PMR, Paskibra, dan Kesenian.


Related For SMK Tarbiyatul Islam Kawungaten