SNMPTN Undangan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTN » SNMPTN Undangan

SNMPTN Undangan

 

Ketika anda ingin melanjutkan kuliah, pastinya anda pernah mendengar yang namanya SNMPTN. SNMPTN adalah salah satu cara dalam mandaftarkan diri ke salah satu universitas yang ada di Indonesia. SNMPTN adalah singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. SNMPTN dibagi menjadi dua jenis. Ada yang namanya SNMPTN undangan dan ada yang namanya SNMPTN tertulis. SNMPTN undangan adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang faktor penentunya adalah nilai rapor dari kelas X (1 SMA) sampai dengan kelas XII (3 SMA). Sedangkan SNMPTN tertulis adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan mengadakan suatu ujian secara tertulis yang faktor penentu kelulusan adalah berdasarkan nilai yang di dapat dalam ujian tersebut.

SNMPTN undangan dilaksanakan oleh pihak penyelenggara dengan memberikan suatu form secara online kepada sekolah-sekolah. Dan kemudian, sekolah akan menentukan siswa yang akan diikutkan ke SNMPTN undangan. Setelah itu, siswa akan mengisi suatu form yang disediakan oleh pihak penyelenggara SNMPTN undangan.

Form SNMPTN Undangan

Saat akan mengikuti SNMPTN undangan, calon peserta harus mengisi suatu form secara online yang diberikan oleh penyelenggara. Pengisian form SNMPTN undangan dapat dilaksanakan oleh siswa itu sendiri ataupun di bantu oleh guru pembimbing. Form SNMPTN undangan yang harus diisi oleh calon peserta antara lain :

  • Pilihan universitas dan jurusan yang ingin diambil

Dalam mengisi form SNMPTN undangan, calon peserta diperbolehkan untuk memilih lebih dari satu universitas yang ingin dipilih. Dan dari masing-masing universitas, calon peserta diperbolehkan untuk memilih 3 (tiga) jurusan yang berbeda yang ada pada universitas tersebut. Pengisian universitas harus dimulai dengan calon universitas yang paling ingin dimasuki, karena yang akan menjadi seleksi awal pihak penyelenggara adalah pilihan pertama.

  • Nilai-nilai yang didapatkan dari kelas 1 SMA sampai kelas 3 SMA

Selain mengisi pilihan universitas beserta jurusan yang ingin diambil, calon peserta juga harus mengisi suatu form yang berisikan nilai-nilai yang didapat selama SMA. Nilai rapor ini sangat penting, karena nilai rapor inilah yang menjadi faktor penentu apakah anda lulus seleksi ataupun tidak. Selain itu, nilai rapor juga menentukan apakah anda cocok dengan pilihan pertama anda atau tidak. Nilai-nilai rapor tersebut tidak dapat di rekayasa, karena pihak penyelenggara juga meminta foto copy rapor yang di legalisir. Jadi jangan sekali-kali anda mencoba untuk merekayasa nilai rapor anda.

  • Data diri

Dalam mengisi suatu formulir apapun, pastinya diperlukan suatu data diri agar pihak penyelenggara dapat mengetahui siapa calon peserta tersebut. Dan sama halnya dengan form SNMPTN undangan. Di dalam form SNMPTN undangan terdapat suatu lembaran yang isinya mengenai data diri calon peserta.

Setiap form tersebut diisi secara online di situs resmi SNMPTN undangan. Dan biasanya pengisian tersebut dilakukan didalam lingkungan sekolah, jadi apabila calon peserta merasa kurang paham dengan sesuatu, maka guru akan dapat membantunya.

Hasil SNMPTN Undangan

Setelah anda selesai mengisi data anda pada form SNMPTN undangan secara online, anda hanya perlu menunggu sampai jadwal hasil seleksi yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Selain pengisian form SNMPTN undangan yang secara online, untuk melihat pengumuman kelulusan seleksi juga dilakukan secara online. Saat mengisi form SNMPTN undangan, calon peserta akan diberitahu kapan dan dimana pengumuman hasil dari SNMPTN undangan di keluarkan.

Kelulusan dalam SNMPTN undangan ditentukan oleh nilai yang di dapat siswa tersebut selama berada di sekolah. Bila anda mengisi banyak jurusan yang ingin diambil, bagaimana cara penentuan jurusan mana yang akan anda dapatkan? Begini penjelasannya. Dalam pengisian data tersebut, terdapat dua kolom universitas yang setiap kolomnya akan terdiri dari tiga kolom pilihan jurusan. Dan kemudian penilaian dimulai dengan melihat nilai yang didapat siswa tersebut. Kemudian nilai tersebut di akumulasi dan di bandingkan apakah pas dengan nilai akumulasi minimal terhadap jurusan pertama pada universitas pilihan pertama. Apabila tidak sesuai, maka akan dilanjutkan ke jurusan kedua universitas pertama, dan seterusnya.

Dan kemudian, setelah mengalami proses yang panjang, didalam lembaran hasil SNMPTN undangan akan di beritahukan universitas mana dan jurusan apa yang anda lolos. Dengan adanya informasi tentang SNMPTN undangan ini, semoga membantu para siswa dalam mendaftarkan diri ke universitas.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jul
27
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin