Struktur Jaringan Hewan Vertebrata dan Fungsinya | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Struktur Jaringan Hewan Vertebrata dan Fungsinya

Struktur Jaringan Hewan Vertebrata dan Fungsinya

 

Mungkin struktur jaringan hewan vertebrata dan fungsinya bukan lagi merupakan materi yang asing bagi sebagian besar dari anda. Materi ini merupakan materi biasa yang sering kita jumpai dalam biologi atau IPA.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa makhluk hidup, misalnya manusia tersusun atas sel yang kemudian membentuk sebuah kesatuan yang dinamana jaringan untuk melakukan segala aktivitas tubuh dengan baik dan kompak.

Namun, pada kenyataannya, makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan juga mempunyai struktur jaringan. Untuk mempersempit ruang lingkup, mari kita ambil contoh hewan vetebrata. Di dalam tubuh hewan ini, juga terdapat banyak sekali jaringan dan organ.

Akan tetapi, sistem organ itu tidak akan terbentuk jika tidak ada jaringan yang menyusunnya. Secara umum, struktur jaringan hewan vertebrata dan fungsinya berbeda dengan struktur jaringan yang dimiliki oleh tumbuhan.

Kedua makhluk hidup ini memiliki jaringan yang berbeda. Ilmu yang secara khusus mempelajari tentang jaringan adalah histology. Pada dasarnya ahli histology membagi jaringan yang ada pada hewan menjadi 4 macam.

Yaitu meliputi jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan saraf dan jaringan otot. Namun, ada juga yang menambahkannya dengan jaringan darah, limfa, lemak dan saraf. Untuk lebih jelas mengenai struktur jaringan hewan vertebrata dan fungsinya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Jaringan epitel

 

Pada dasarnya, jaringan ini berfungsi sebagai pelindung, khususnya bagian permukaan luar dan di dalam organ. Berdasarkan strukturnya, jaringan ini dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu :

-         Epithelium pipih

-         Epithelium batang

-         Epithelium kubus

Sedangkan berdasarkan susunan selnya, terdapat epithelium sederhana dan kompleks

-         Epithelium pipih yang berguna untuk proses difusi, osmosis, filtrasi dan sekresi. Terdapat pada pembuluh limfa, pembuluh darah kapiler, selaput pembungkus jantung dan selaput perut

-         Epithelium pipih berlapis yang berguna sebagai pelindung dan terdapat pada epithelium rongga mulut, rongga hidung dan esophagus

-         Epithelium batang yang berguna untuk menyerap sari-sari makanan pada usus halus dan sekresi

-         Epithelium silindris berlapis banyak yang berguna sebagai pelindung dan sekresi. Sedangkan epithelium berlapis banyak semu untuk proteksi, sekresi dan gerakan yang melalui permukaan

-         Epithelium kubus berguna untuk sekresi dan pelindung. Terdapat pada lensa mata dan nefron ginjal

-         Epitalium kubus berlapis banyak berguna untuk pelindung dari gesekan, pengelupasan, absorpsi dan sekresi

-         Dan lainnya

  • Jaringan ikat

 

Jaringan ini berfungsi untuk melindungi jaringan dan organ dan mengikat sel-sel untuk membentuk jaringan, mengikat jaringan untuk membentuk organ. Berdasarkan struktur dan fungsinya, jaringan ikat dibagi ke dalam beberapa golongan :

-         Jaringan ikat longgar

-         Jaringan ikat padat

-         Kartilago (tulang rawan)

Berdasarkan susunannya, kartilago dibedakan menjadi 3, yaitu :

-         Kartilago fibrosa

-         Kartilago elastic

-         Osteon

  • Jaringan darah

 

Merupakan jaringan yang berfungsi untuk mengangkut CO2 dan O2, sari-sari makanan, hormone, sisa metabolisme, dan alat pertahan tubuh. komponen penyusunya adalah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

-         Sel darah merah pada dasarnya tidak mempunyai inti sel dan sitoplasmanya mengandung hemoglobin

-         Sel darah putih mengandung inti sel dan dapat bergerak

-         Trombosit tidak memiliki inti sel, mudah pecah apabila menyentuh permukaan yang kasar dan dapat melepaskan enzim tromboplastin yang berguna untuk pembekuan darah.

  • Jaringan limfa

 

Merupakan jaringan yang tersusun dari sel-sel limfosit dan makrophag serta serat retikuler yang menjadi rangka untuk menahan timbunan limfosit dan makrophag.

  • Jaringan otot

 

Merupakan jaringan yang tersusun dari sel-sel otot dan mempunyai sifat kontrakbilitas dan relaksibilitas. Berdasarkan struktur penyusunnya, jaringan otot dibedakan menjadi 3, yaitu :

-         Otot polos

-         Otot jantung

-         Otot lurik

  • Jaringan lemak

 

Jaringan yang tersusun dari lemak dan matrik, jaringan ini berasal dari sel-sel mesenkim. Fungsi jaringan ini adalah sebagai cadangan energi dan menjaga kestabilan tubuh.

  • Jaringan saraf

 

Jaringan yang tersusun atas neuron yang berfungsi untuk mengatur kerja seluruh organ tubuh bersama dengan sistem hormone.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
1
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin