ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Surat Niaga

September 2, 2015 | Bahasa

Surat-Niaga

Surat Niaga

Istilah surat tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Akan tetapi, bisa dikatan bahwa penggunaan surat ini sudah sangat jarang sekali kita temui. Hal ini karena mengingat fakta bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih, sehingga penggunaan surat sudah banyak ditinggalkan karena dianggap tidak efisien.

Akan tetapi, jarang bukan berarti bahwa penggunaan surat ini benar benar hilang dari dunia ini. Pada dasarnya, surat merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja.

Pada umumnya, dibutuhkan prangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.

Pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi.

Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.

Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae.


Related For Surat Niaga