Syarat Pendaftaran Universitas Lampung | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » PTN » Syarat Pendaftaran Universitas Lampung

Syarat Pendaftaran Universitas Lampung

 

Dalam melakukan suatu pendaftaran mahasiswa baru, pastinya tidak sedikit syarat yang harus dipenuhi seorang lulusan SMA dan sederajat. Biasanya ada syarat umum dan syarat khusus. Hal ini juga berlaku di Universitas Lampung (Unila). Dalam mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Universitas Lampung (Unila), ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi para peserta.

Untuk anda ketahui, dalam mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila), ada beberapa jalur yang dapat dipilih. Di bawah ini akan disebutkan jalur tersebut, berserta syarat yang harus dimiliki.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan

SNMPTN undangan merupakan salah satu jalur yang paling diminati setiap pelajar. Hal ini dikarenakan pada SNMPTN undangan tidak akan ada yang namanya tes atau hal lainnya. Karena pada SNMPTN undangan yang menjadi intinya adalah nilai rapor yang dimiliki para pelajar. Bila memenuhi syarat maka anda dapat lolos. Adapun syarat SNMPTN undangan sesuai dengan situs resmi SNMPTN di www.snmptn.ac.id antara lain :

  • Saat Pendaftaran :
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012.
  2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: siswa yang masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama (bukan siswa pindahan) pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK).
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  5. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  • Saat Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Ujian Tertulis

Pastinya anda tidak terlalu asing ketika mendengar kata SNMPTN. Setiap anda sudah duduk pada bangku 3 SMA dan sederajat pada semester 2, setiap tempat les pastinya sibuk mengajarkan cara menghadapi SNMPTN. Terutama SNMPTN ujian tertulis. Namun sebelumnya anda harus dapat menyediakan persyaratan yang diperlukan sebelum anda mengikuti tesnya. Dan persyaratan SNMPTN tertulis sesuai dengan situs resmi SNMPTN, di www.snmptn.ac.id antara lain :

  • Saat Pendaftaran :
  • Saat Penerimaan :
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012. Lulusan tahun 2010 dan 2011 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan lulusan tahun 2012 yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi Jalur Ujian Tertulis SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Ujian Masuk Lokal (UML)

Persyaratan UML Universitas Lampung (Unila) dapat dilihat di situs resmi penerimaan mahasiswa barunya, di www.spm.unila.ac.id. Persyaratannya kurang lebih sama dengan persyaratan SNMPTN tertulis, namun pada UML ditambah 2 persyaratan lain, yaitu :

  • Melakukan pembayaran PIN dan KAP pada Bank BTN Lampung.
  • PIN dan KAP dipergunakan untuk pendaftaran secara online pada https://uml.unila.ac.id.

Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP)

Khusus untuk PMPAP, banyak syarat yang harus disediakan oleh para peserta. Syarat yang diperlukan berupa dokumen-dokumen yang dapat menjadi penentu kelulusan. Untuk melihat syarat-syarat tersebut, anda dapat mengakses di situs resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) di www.spm.unila.ac.id. Di situs tersebut anda hanya perlu mencari link menuju persyaratan PMPAP.

Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (PMPD)

Persyaratan PMPD sama seperti UML, namun ada beberapa hal yang membedakan. Yang membedakannya yaitu :

  • PIN dan KAP dipergunakan untuk pendaftaran secara online pada https://uml.unila.ac.id/pmpd.
  • Setiap peserta hanya diperbolehkan memilih program studi di satu fakultas, tidak boleh lintas fakultas.

Dengan adanya artikel ini, semoga dapat membantu anda dalam memenuhi syarat yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran di salah satu jalur pendaftaran Universitas Lampung (Unila).


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Aug
20
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin