Syarat Penerimaan Jalur Undangan | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » SNMPTN » Syarat Penerimaan Jalur Undangan

Syarat Penerimaan Jalur Undangan

 

jalur undangan

Siapa yang tak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi. Apalagi jika dapat masuk ke perguruan tinggi negeri atau PTN. Tentunya setiap siswa ingin sekali untuk dapat menembusnya, bukankah pendidikan itu adalah hak segenap warga Indonesia. Sesuai dengan apa yang dijewantahkan dalam Undang-undang Dasar 1945.

Untuk dapat masuk ke PTN bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Selain itu siswa harus bersaing ketat dengan siswa lainnya untuk dapat masuk, melalui ujian atau serangkaian tes yang telah ditentukan.

Untuk masuk ke PTN, siswa harus mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat dengan SNMPT, merupakan jalur masuk di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pelaksanaan SNMPTN setiap tahun selalu mengalami perubahan. Tahun lalu penerimaan SNMPTN terdiri atas dua jalur utama, yakni SNMPTN Jalur Undangan dan SNMPTN Jalur tertulis.

SNMPTN Jalur Undangan sebenarnya merupakan inovasi dari dikti untuk merekrut mahasiswa berprestasi di sekolah. Dulu pernah dikenal dengan PMDK, atau juga mungkin PMJK (Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus). Kini, dengan SNMPTN Jalur Undangan 2013 semua siswa berprestasi di seluruh Indonesia dapat masuk ke perguruan tinggi negeri pilihannya asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Yang istimewa dari jalur Undangan 2013 ini adalah siswa tidak akan dites secara langsung, melainkan hanya dengan melampirkan nilai raport dari Semester 3 hingga 5. Seperti juga jalur undangan tahun sebelumnya, proses penginputan nilai raport dilakukan oleh pihak sekolah. Bisa oleh kepala sekolah atau juga wakil kepala sekolah.

Syarat utama siswa untuk dapat diterima pada jalur undangan adalah termasuk dalam peringkat tertentu di sekolah. 

  • Sekolah dengan akreditasi A diberikan kuota sebanyak 50% terbaik siswa selama semester 3 – 5. Syarat ini dipertegas dengan aturan bahwa setiap siswa yang akan didaftarkan pada SNMPTN Jalur Undangan harus memiliki peringkat termasuk dalam 50% terbaik selama 3 semester berturut-turut secara konsisten. 

  • Sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota sebanyak 25% dari siswa terbaik selama semester 3 – 5.

Contoh Kasus :

Andi adalah siswa Jurusan IPA dari SMAN 1 Garut yang memiliki akreditasi A. Jumlah siswa Jurusan IPA di sekolah tersebut adalah 100 orang. Karena akreditasinya A, maka dari SMAN 1 Garut akan diterima 50 siswa dengan prestasi terbarik yang konsisten pada semester 3, 4 dan 5. Andi memiliki peringkat sebagai berikut : Peringkat 29 pada Semester 3, Peringkat 49 pada Semester 4 dan Peringkat 34 pada semester 5. Melihat kasus ini, Andi akan lolos pada seleksi awal SNMPTN Jalur Undangan karena peringkatnya konsisten di 3 semester yang disyaratkan. Penghitungan peringkat akan dilakukan oleh sistem (dalam hal ini website jalur undangan), hanya dengan memasukkan nilai rapor secara kolektif. Penghitungan peringkat juga didasarkan pada peringkat jurusan pada level sekolah, bukan level kelas. Jadi nanti akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPA dan juga akan diurutkan dari peringkat 1 hingga peringkat akhir untuk jurusan IPS.

Jalur Undangan 2013 merupakan salah satu jalur masuk yang lumayan memudahkan siswa. Tidak perlu terlalu ribet dengan daftar pada perguruan tinggi yang letaknya mungkin jauh dari sekolah. Dengan jalur undangan ini, sekolah diberikan kepercayaan untuk mendaftarkan siswa mereka ke perguruan tinggi negeri tanpa banyak prosedur. Untuk bagian awal, pihak sekolah lah yang harus proaktif dan bekerja keras dalam mencari informasi dan menyelesaikan prosedur pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2013.

Sungguh untuk SNMPTN tahun 2013 ini banyak hal yang dimudahkan oleh pemerintah dalam memenuhi apa yang telah menjadi hak setiap anak bangsa. Sehingga siswa hanya perlu konsentrasi belajar selama belajar dengan sungguh-sungguh di sekolah. Siswa tidak lagi harus berpikir dan belajar lagi ketika SNMPTN. Selain itu, untuk SNMPTN 2013 ini pendaftarannya pun digratiskan. Jadi tunggu apa lagi, ayo gunakan kesempatan ini sebaiki-baiknya. Semoga bermanfaat dan sukses!


Posted by Tags: 0 Responses
     

Comments are closed.

May
23
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin