Syarat-syarat Pembayaran Sebagai Bagian Dari Transaksi Ekonomi | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Syarat-syarat Pembayaran Sebagai Bagian Dari Transaksi Ekonomi

Syarat-syarat Pembayaran Sebagai Bagian Dari Transaksi Ekonomi

 

syarat-syarat pembayaran

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebagai pelaku ekonomi pastinya akan melakukan berbagai transaksi atau jual beli guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas ekonomi yang satu ini memang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dulunya, manusia hanya mengenal sistem barter atau tukar menukar antar barang, namun sistem tersebut dianggap tidak adil, sehingg lahirlah mata uang yang digunakan sebagai alat ukur pasti untuk mengukur nilai guna dari suatu benda.

Namun, seiring berjalannya waktu kehidupan manusia mulai banyak berubah dan kebutuhan juga menjadi semakin kompleks. Oleh karena itulah, sekarang ini muncul sistem pembayaran baru, yaitu sistem kredit atau utang dagang.

Sistem ini tidak hanya berlaku untuk setiap individu saja, melainkan setiap perusahaan juga biasanya lebih suka menggunakan sistem ini. Agar sistem ini dapat berjalan secara lancar, maka diterapkanlah syarat-syarat pembayaran.

Sama halnya dengan syarat penjualan yang sudah kita kenal, syarat pembayaran ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Selain itu, dengan adanya syarat-syarat pembayaran biasanya pembeli sering diuntungkan dengan adanya potongan harga atau diskon.

Bagi penjual, syarat-syarat pembayaran ini sangat berguna untuk mempercepat perputaran piutang dagangnya. Perjanjian atau syarat di dalam dunia bisnis sudah menjadi hal yang biasa dan sering terjadi.

Baik itu masalah keuangan, transportasi dan lain sebagainya. Sebenarnya, berbagai macam perjanjian dan syarat ini dibentuk agar segala bentuk aktivitas di dunia bisnis bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Syarat pembayaran ini biasanya juga berguna agar penjual mengetahui secara pasti kapan pembayaran akan terjadi, bagi sisi pembeli, tentunya dengan adanya syarat-syarat pembayaran ia bisa memperhitungkan kapan untuk membayar agar mendapatkan diskon.

Untuk lebih jelas mengenai syarat-syarat pembayaran, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Potongan tunai

 

Syarat yang satu ini paling mudah dimengerti dan banyak diselenggarakan, khususnya di berbagai pusat perbelanjaan. Potongan tunai atau cash discount ini sendiri merupakan potongan yang diberikan oleh penjual kepada pembeli sehubungan dengan pembayaran yang dilakukan jika memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Sedangkan jangka waktu kredit adalah tenggang waktu yang diberikan oleh penjual kepada pembeli untuk melunasi pembayaran. Biasanya syarat tersebut berupa 3/10, n/ 60. Artinya jika pemebeli melunasinya sebelum 10 hari setelah pembelian, maka ia mendapatkan diskon sebesar 3 persen.

Sedangkan n/60 merupakan batas waktu pelunasan atau dilakukannya pembayaran. Pembeli harus membayar setelah mencapai masa 60 hari setelah pembelian kredit berlangsung.

  • Syarat tunai

 

Merupakan syarat dimana ketika terjadi pembelian, maka pembayaran juga akan dilaksanakan pada saat yang sama. Biasanya dalam pembelian tunai juga diberikan diskon atau potongan. Hal ini dilakukan oleh penjual dengan tujuan untuk mempercepat perputaran arus kas.

Sedangkan bagi pembeli, tentunya mereka ingin memanfaatkan potongan tersebut karena harganya menjadi lebih murah.

  • Syarat NEOM

 

Salah satu dari syarat-syarat pembayaran adalah NEOM atau Net End Of Month yang merupakan syarat dimana pembayaran harus dilakukan paling lambat pada akhir bulan setelah dilakukannya pembelian.

Bagi pihak pembeli, syarat ini tidak disertai dengan adanya potongan ata diskon. Misalnya jika pembelian dilaksanakan pada tanggan 5 april 2013, maka pembayaran harus dilaksanakan pada 30 april 2013 tanpa mendapatkan potongan.

  • Syarat n/… EOM

 

Selain syarat NEOM, adapun syarat n/… EOM. Misalnya n/10 EOM, maka artinya adalah pembayaran atas barang yang dibeli harus dilunasi sepenuhnya paling lambat 10 hari setelah akhir bulan tanpa mendapatkan potongan.

Misalnya barang dibeli pada tanggal 11 mei 2013 dan syarat pembayaran adalah n/5 maka pembayaran atau pelunasan harus dilakukan pada tanggal 5 juni 2013 tanpa mendapatkan potongan atau diskon.

  • Potongan rabat

 

Biasanya produsen atau grosir akan menerbitkan daftar harga atau catalog yang berisi barang yang diproduksinya. Jadi, bagi pembeli yang membeli dalam jumlah yang besar akan mendapatkan potongan khusus.

Potongan ini disebut sebagai potongan rabat. Potongan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari biaya pembuatan catalog karena adanya perubahan harga.

Inilah sekilas mengenai syarat-syarat pembayaran. Semoga bermanfaat

 


Posted by Tags: 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Mar
22
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin