Tipe Tipe Lembaga Social

                Lembaga social merupakan sebuah lembaga yang berisi seperangkat norma norma yang harus di patuhi serta memberikan control atau pengendalian terhadap masyarakat yang ada pada sebuah daerah yang mengalami perubahan social. Dimana sebuah lembaga social memiliki tipe tipe dan tipe tipe lembaga social tersebut baik di ketahui sebab berguna untuk membedakan tiap tiap lembaga social yang ada.

tipe tipe lembaga social ada berbgai macam dimana dapat dilihat dari berbagai segi yaitu  sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat

tipe tipe lembaga social berdasarkan sistem nilai yang diterima masyarakat adalah :

  • Basic institutions

Merupakan salah satu jenis lembaga sosial yang berfungsi untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib di masyarakat. Keberadaan lembaga ini sangat mendasar dan dibutuhkan oleh setiap bagian masyarakat dimana lembaga social ini seperti keluarga, sekolah, dan negara.

  • Subsidiary institutions

lembaga sosial yang keberadaannya oleh masyarakat dianggap kurang penting atau hanya sebagai pendukung dimana menjadi pelengkap dari lembaga sosial yang sifatnya lebih mendasar. Contohnya adalah kegiatan refreshing.

  1. Berdasarkan Perkembangannya

tipe tipe lembaga social berdasarkan perkembangannya di bagi atas :

  • Crescive institutions

Sebuah lembaga sosial yang di bentuk atau tumbuh secara tidak disengaja yang di dapat dari adat istiadat masyarakat, sehingga disebut juga dengan lembaga social yang paling primer. lembaga perkawinan, lembaga agama, dan lain – lain merupakan contoh lembaga primer ini.

  • Enacted institutions

lembaga sosial yang ini memang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu dalam sebuah masyarakat. Dimana ada beberapa lembaga yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah pendidikan, ekonomi, keuangan, dan lain-lain.

  1. Berdasarkan Sudut Penerimaan Masyarakat

tipe tipe lembaga social berdasarkan sudut penerimaan masyarakat dapat dibedakan atas :

  • Approved institutions atau social sanctioned institutions

karena dirasa memiliki kemampuan untuk memfasilitasi kebutuhan manusia secara menyeluruh maka lembaga social ini dapat di terima kehadirannya dalam masyarakat. Bagi anda yang melakukan pelanggaran terhadap aturan – aturan dalam lembaga tersebut maka akan mendapatkan sanksi yang ditetapkan dalam lembaga tersebut. Yang dapat digolongkan ke dalam lembaga tipe ini adalah sekolah, agama, dan perdagangan.

  • Unsanctioned institutions

Ini merupakan lembaga yang merupakan kebalikan dari lembaga approved institutions dimana keberadaan lembaga sosial ini ditolak oleh masyarakat sehingga di hindari bagi seluruh masyarakat. meskipun masyarakat sendiri belum cukup mampu untuk memberantasnya secara menyeluruh misalnya saja kelompok perampok, penjudi, pemeras, dan lain – lain. Kenapa belum dapat di berantas sebab lembaga ini member dampak pada kebiasaan serta diri seseorang yang hanya orang tersebut yang dapat mengubahnya. Maka jauhilah lembaga ini sebab akan dapat menjerumuskan anda

  1. Berdasarkan Penyebarannya

Berdasarkan penyebarannya, kita bisa mengetahui tipe tipe lembaga social dimana ia terdiri atas 2 macam yaitu general institutions dan restricted institutions yang penjelasannya sebagai berikut ini :

  • General institutions

Lembaga umum yang mmerupakan lembaga yang pada umumnya di kenal semua orang atau lembaga sosial yang keberadaannya dikenal oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Misalnya saja agama dan hak – hak asasi manusia (HAM)

  • Restricted institutions

Sedangkan lembaga sosial ini berbeda dengan general institutions tadi lembaga ini adalah lembaga yang keberadaannya hanya dikenal oleh sebagian masyarakat tertentu saja dan tentu saja yang berkepentingan, berkaitan dengan kebutuhannya karena itu hanya di kenal oleh sebagian orang saja. Seperti agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha yang hanya di ketahui atau yang akan mempelajari lebih jauh dan menerapkannya adalah orang orang yang memiliki agama yang sama pula.

  1. Berdasarkan Fungsinya

Jika dilihat dari fungsinya maka tipe tipe lembaga social adalah :

  • Operative institutions

lembaga sosial yang fungsinya untuk menghimpun pola – pola atau cara – cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu dari lembaga yang bersangkutan adalah lembaga operative ini. Contoh singkat dari lembaga ini adalah lembaga pertanian, lembaga perdagangan, lembaga perikanan, dan lain-lain.

  • Regulative institutions

Lembaga seperti kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan merupakan Sebuah lembaga sosial yang berfungsi untuk mengawasi adat istiadat atau aturan yang ada dalam masyarakat ini disebut lembaga regulative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *