Bagi kamu yang baru lulus SMA sederajat mungkin akan merasa kebingungan dalam menentukan akan melanjutkan di mana pendidikanmu. Kebingungan ini akibatnya menyebabkan kegalauan dan malah kurang baik jika dibiarkan. Banyak faktor yang menyebabkan kebingungan dalam mengambil keputusan untuk kuliah, terutama minat, bakat, dan faktor biaya. Namun, sekarang tak perlulah bingung, berikut saya uraikan tips-tips yang dapat dipertimbangkan dalam mengambil jurusan untuk kuliah.

  • Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Ketika kamu memutuskan untuk melajutkan sekolah ke bangku kuliah, maka hal yang paling penting dalam memilih jurusan adalah minat dan bakatmu. Sesuaikanlah dengan minat dan bakatmu, karena jika tidak maka kuliahmu pun akan tidak afdol alias setengah-setengah. Dengan kuliah sesuai dengan minat dan bakat maka kuliahpun akan terasa nyaman dan kamu menyukainya tanpa beban.

Untuk mengetahui minat dan bakat kita, biasanya sekolah kita selalu mengadakan tes minat dan bakat dari para psikolog atau lembaga tes IQ. Namun, cara yang paling mudah adalah dengan melihat kenyamanan dan kemampuan dalam menghadapi pelajaran, jika nilai dan kemampuan matematikamu bagus, IPA dan Fisikamu baik maka mungkin kamu lebih cocok dengan ilmu Teknik, atau Guru Matematika dan Fisika. Kalau kau suka berhitung, nilai IPS mu tinggi mungkin kamu cocok masuk dalam jurusan Ekonomi, Manajemen atau akuntasi.

  • Keputusan Sendiri bukan ikut-ikutan.

Kadang-kadang ketika kita memiliki teman yang akrab, kita tak berpisah ketika lulus sekolah dan akhirnya sampai kuliah pun mengikuti teman. Tak mengapa jika jurusan yang dipilih ternyata sama dan  sesuai dengan minat dan bakatmu. Ingat, sesuaikanlah dengan minat dna bakatmu agar kamu lebih baik dalam menjalankannya di masa depan.

  • Biaya dan Orang Tua

Biaya dan orang tua sangatlah penting yang harus menjadi pertimbangan, bagaimana kamu mau kuliah jika biaya yang ada tidak memadai atau kemampuan orang tua kurang. Untuk itu carilah jurusan yang sesuai dengan biaya dan kemampuan orang tua, selain itu usahakan mendapatkan kampus yang bagus dengan paket beasiswa. Misalnya, masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) akan lebih baik karena biasanya gratis dan mendapatkan tunjangan atau jaminan pekerjaan di masa depan di instansi yang berkaitan.

Masuk PTN kenapa tidak? Memang sulit untuk masuk di PTN, Karen abanyaknya ujian dan seleksi yang ketat. Namun, dengan masuk PTN tentunya biaya akan lebih murah. Selain itu dengan masuk PTN maka kamu akan mendapatkan pendidikan yang lebih berkualias dan lebih bergengsi.

  • Pelajari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang hendak dituju

Perhatikan latar belakang kampus yang menjadi target kamu mengenai kelengkapan sarana dan prasarana penunjang studi, kredibilitas dosen pengajar, reputasi kampus dan khusus untuk PTS perhatikan status program studi yang kamu minati apakah sudah terakreditasi atau belum. Status terakreditasi menunjukkan mutu PTS dalam menyelenggarakan program studi.

  • Lihat Peluang Karir di Masa depan

Galilah informasi mengenai jurusan yang akan kamu pilih, bagaimana peluang karirnya di masa depan. Kerena, dengan begitu di masa depan ijazah dan ilmu kamu akan sangat berguna dalam pekerjaan. Misalnya pada era globalisasi ini yang paling banyak diperlukan adalah komputerisasi dan Informastika, maka pilihlah jurusan Teknik Informatika, atau Komunikasi, Psikologi, Kedokteran, Hukum atau Managemen. Kamu harus pandai memprediksi di masa depan itu apa yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan atau manusia pada umumnya. Dengan begitu kamu pun dapat mengaplikasikan ilmu lebih baik dan meraih masa depan yang cemerlang.

  • Pilihlah antara Sarjana atau Diploma

Sarjana maupun Diploma memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jurusan Diploma akan menghasilkan pelajar yang siap sepenuhnya terjun di dunia kerja namun tanpa gelar.  Sementara itu kuliah Sarjana akan menghasilkan pelajar yang memiliki gelar namun belum tentu siap kerja. Sekarang pilihan ada di tanganmu. Jangan lupa banyak cari informasi, berusaha, dan berdoa untuk hidup lebih baik dan sejahtera.

Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *