ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips Belajar yang Menyenangkan

July 12, 2012 | umum

Tips Belajar yang Menyenangkan

Sebagian siswa yang ada, menganggap bahwa belajar adalah suatu pekerjaan yang kurang menyenangkan, karena belajar itu menyusahkan dan membingungkan. Dan karenanya banyak yang malas dalam belajar. Namun, bagaimana kalau ada tips belajar yang menyenangkan? Pastinya bagi para siswa yang merasa belajar itu adalah hal yang menyulitkan adalah kabar gembira yang dapat membantu mereka meningkatkan prestasinya. Dalam menuntut ilmu di sekolah, pelajaran yang akan di pelajari bukan hanya satu dua pelajaran, namun ada banyak pelajaran yang harus di pelajari. Dan dari setiap pelajaran itu akan terdapat berbagai macam materi yang ada. Kemudian dari setiap materi itu, kadang banyak guru yang memberikan tugas maupun pekerjaan rumah (PR). Dan bisa di katakan bahwa setiap materi yang ada bukanlah materi yang dapat di pelajari dengan tutup mata, namun kadang banyak materi yang sangat sulit untuk di pelajari. Karenanya kita memerlukan yang namanya tips belajar yang menyenangkan.

Tips Belajar

Dalam belajar, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar belajar itu terasa lebih menyenangkan. Dan tips – tips tersebut antara lain :

Buat Jadwal Kegiatan Setiap Harinya

Seseorang yang sukses adalah seseorang yang disiplin terhadap waktu. Karenanya, dalam belajar kita juga harus disiplin. Namun sering kali orang merasa lebih enak apabila bermain di bandingkan belajar. Karenanya sebagai siswa, anda harus dapat mengatur jadwal kapan bermain, dan kapan anda belajar. Dan dalam belajar, tidak perlu belajar dari pagi sampai malam, dan kemudian belajar lagi sampai keesokan harinya. Hal tersebut akan membuat anda merasa jenuh. Karenanya di perlukan jadwal kegiatan. Dengan begitu anda dapat melihat kapan waktunya anda belajar dan kapan waktunya anda bermain. Dan dengan adanya jadwal tersebut, diharapkan anda dapat mendisiplinkan diri untuk mematuhinya. Jangan anda hanya mau bermain dan pada saatnya belajar anda tetap bermain.

Untuk jadwal kegiatan yang di lakukan, yang perlu di tulis adalah kapan waktunya anda belajar, saat pagi, siang, atau malam, serta kapan anda bermain. Dalam membuat jadwal kegiatan perlu keseimbangan.  Jangan kebanyakan jadwal main, sedangkan jadwal belajar hanya sedikit. Namun jika kebalikannya, itu tergantung diri anda apa dapat menanggungnya atau tidak.

Buat Catatan Seunik Mungkin

Jika anda ingin pintar, rajin – rajinlah menyatat apa yang di katakan guru. Pendapat tersebut bukanlah salah, namun ketika mendengarkan seorang guru terkadang catatan yang kita buat akan berantakan. Dan saat ingin membaca ulang kita akan merasa bosan dan bingung dengan apa yang kita catat. Oleh karenanya, jika ingin belajar terasa menyenangkan, kita harus pandai membuat catatan yang unik. Namun saat sekolah mungkin kita akan sulit dalam membuat catatan unik. Jadi kita membuat catatan itu pada saat kita ada di rumah. Saat di rumah, baca apa yang telah kita catat dan kemudian buatlah salinannya se unik mungkin. Dan ketika anda membaca catatan unik tersebut, anda akan merasa belajar adalah perbuatan yang menyenangkan.

Namun pasti ada yang berpikiran bahwa menulis ulang itu membosankan. Namun, bila di pikir lebih baik, kita akan dapat memahami apa yang kita tulis, karena kita membuat salinan dengan kesimpulan. Namun jangan salah paham dan menganggap bahwa menyalin tugas kawan sama dengan hal ini. Saat menyontek ataupun menyalin tugas ataupun pekerjaan kawan, kita tidak akan menyerap apa yang kita tulis ulang. Jadi jangan sekali – kali anda coba untuk menyontek, karena menyontek hanya akan membuat anda melakukan suatu yang tidak bermanfaat untuk masa depan anda.

Cari Kawan yang Dapat Diajak dan Memiliki Pemikiran yang Sama

Coba anda bayangkan bila anda belajar dengan seseorang yang memiliki pandangan yang berbeda dengan pandangan yang anda miliki. Pastinya anda akan merasa kesal dengan orang tersebut dan anda akan merasa belajar adalah hal yang tidak menyenangkan. Sama halnya saat anda mau belajar dengan kawan yang tidak mau diajak belajar bareng. Hal tersebut pasti membuat mood belajar anda menjadi hilang. Karenanya anda di sarankan untuk belajar dengan kawan yang dapat diajak belajar bareng, serta dengan kawan yang memiliki pemikiran yang sama. Dengan pemikiran yang sama, anda akan merasa bahwa belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, karena ada kawan anda yang dapat memahami pemikiran anda.

Dengan adanya tips belajar yang menyenangkan, semoga anda dapat menyukai belajar. Dan dengan sukanya anda dengan belajar, prestasi belajar anda dapat meningkat.


Related For Tips Belajar yang Menyenangkan