ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips Bersaing USM STAN

October 29, 2015 | Sekolah Kedinasan

snmptn

Tips Bersaing USM STAN

                Anda begitu antusias mengikuti USM STAN? Pada tahun 2013 telah tercatat lebih dari 117.000 calon peserta yang mendaftar dan hanya ada 3.700-an kursi yang tersedia. Perebutan tersebut tentu setara dengan hasil kedepan yang akan diperoleh. Biaya pendidikan yang gratis dan jaminan penempatan di institusi pemerintahan telah menjadi daya tarik yang kuat. Tingkat perebutan yang fenomenal itu sebenarnya tidak perlu meresahkan anda yang berniat untuk mengikuti seleksinya asalkan anda sudah menyiapkan strategi perang yang handal. Ribuan peserta yang telah menjadi bagian dari STAN telah membuktikan kemampuannya melewati USM STAN ditahun-tahun sebelumnya. Berikut tips bersaing USM STAN yang dapat anda pedomani agar tidak tersingkir dari persaingan ketat tersebut:

  1. Kenalilah seluk beluk tujuan anda dengan baik. STAN tidak mengenal istilah passing grade. Jadi hanya nilai tertinggi yang dihasilkan dari USM sebanyak kuota yang disediakan sajalah yang akan diterima. Cari koneksi internal dari STAN. Eits, jangan berpikir negatif dulu. Koneksi ini sangat berguna bagi anda untuk membaca situasi sebenarnya yang pernah dilalui oleh koneksi anda yang tentu telah terlebih dahulu lulus bersaing USM STAN. Pengalaman nyata dari mereka dapat menjadi tolak ukur anda untuk menghadapi berbagai tantangan dalam USM STAN.
  2. Perhitungan yang cermat. Banyak yang bingung dengan syarat nilai rata-rata 7,00. Nilai rata-rata 7,00 tersebut adalah gabungan dari nilai UAS dan UAN lalu dibagi jumlah mata pelajaran UAS dan ditambah mata pelajaran UN.
  3. Persiapkan berkas-berkas persyaratan dengan lengkap. Pastikan segala sesuatunya benar-benar lengkap sebelum anda menyatukannya dalam satu amplop.
  4. Persiapan matang untuk ujian tertulis. Mulailah berlatih dari sekarang dan percayai diri anda sendiri! Hentikan bayangan-bayangan negatif yang menggempur dari kiri dan kanan anda. Pelajari soal-soal USM STAN dari tahun sebelumnya. Carilah orang yang dapat membantu anda baik mengenai materi USM maupun yang dapat memberi dukungan moril. Tidak hanya itu, anda dapat mencari software simulasi USM yang dapat di download dibeberapa situs. Persiapkan hal-hal yang menjadi persyaratan. Untuk koleksi soal USM, setidaknya milikilah soal USM STAN untuk 5 tahun terakhir. Kenalilah konsep soal USM STAN dengan tepat.
  5. Pengendalian diri yang tepat akan sangat membantu anda disaat ujian. soal-soal USM STAN merupakan tipikal soal yang banyak menggunakan penalaran. Yang harus anda lakukan adalah terus melatih otak untuk menjawab soal-soal USM STAN sebelumnya dan berhentilah untuk menghafal. Manajemen waktu yang baik juga akan sangat berperan penting. Tips bersaing USM STAN ini hanya akan benar-benar membantu jika anda mampu menyeimbangkan kemampuan anda dengan hal-hal kecil yang mungkin akan menjatuhkan anda.
  6. Survei lokasi ujian setelah pengumuman lokasinya disampaikan. Periksa kelengkapan anda mulai dari bukti pembayaran bahkan hingga hal yang terkesan sepele: sepatu. Bahkan hanya dalam perkara verifikasi berkas, gunakanlah pakaian dan kelengkapan formal. Gunakan sepatu yang nyaman tetapi tetap sopan.
  7. Jangan ceroboh. Kerjakan soal yang benar-benar anda yakini dapat anda jawab dengan benar. Fokus pada soal sulit yang membuat anda penasaran hanya akan membobol waktu anda yang sangat berharga. Alokasikan waktu dan konsentrasi anda sebaik mungkin. Anda harus pintar-pintar dalam persaingan ini. berhentilah bertaruh dengan hal-hal yang tidak pasti. Hanya peserta USM STAN dengan nilai tertinggi (sebanyak jumlah kuota) lah yang akan lulus.
  8. Untuk tes kesehatan dan wawancara, persiapkan fisik anda sebaik mungkin. Jangan begadang dan kalau bisa sarapanlah terlebih dahulu. Hilangkan segala ketegangan yang mengganggu anda. Tetaplah berpikir positif.

Lebih dari pada tips bersaing USM STAN yang diurai panjang lebar diatas, anda sebaiknya tidak menyepelekan kesiapan ribuan pesaing anda yang juga mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian ini. Tetaplah rendah hati dan fokus pada tujuan anda. Jangan tergoda untuk berbuat curang walaupun dorongan itu bisa jadi mengganggu konsentrasi anda. Yakinlah pada diri anda bahwa segala sesuatu yang dimulai dengan hal yang tidak baik tidak pernah menghasilkan sesuatu yang benar-benar memuaskan. Semoga sukses !


Related For Tips Bersaing USM STAN