ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips fokus dikelas tanpa ngantuk

January 27, 2013 | motivasi

Sebagian besar pelajar pasti pernah mengalami mengantuk saat mengikuti pelajaran dikelas. Penyebab yang paling sering dialami adalah kekurangan waktu tidur. Berikut adalah tips – tips agar tidak mengantuk didalam kelas.

Tidur cukup

Manusia dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur  cukup antara 4 – 6 jam, sedangkan pada usia remaja umumnya 6 – 8 jam. Seringkali kita menggunakan waktu tidur kita untuk menyelesaikan tugas atau belajar pada malam menjelang ujian, atau yang sering disebut dengan istilah SKS (sistem kebut semalam). Mengerjakan tugas atau belajar hingga larut malam berarti menjaga otak kita tetap dalam keadaan aktif melewati waktu tidur kita sehingga biasanya setelah badan semakin lelah, mata kita justru semakin sulit terpejam, lalu menyebabkan kita mengantuk keesokan paginya. Untuk menghindari hal ini, bagi waktu untuk menyelesaikan tugas dan belajar, atur jamnya agar tidak sampai mengambil jam tidur, dan jangan membiasakan diri menumpuk tugas sampai batas deadline. Jika terpaksa tidur setelah larut malam, rilekskan pikiran 30 menit sampai 1 jam sebelum tidur, hal ini dapat membantu kita untuk tidur nyenyak.

Selesaikan masalah

Rasa khawatir dan stres membuat otak kita tetap aktif berpikir sehingga tubuh dan pikiran kita sulit untuk masuk dalam keadaan rileks. Jika kita sulit untuk melupakan sejenak apa yang mengganggu pikiran kita, kita dapat menguranginya dengan menuangkan masalah dan rasa khawatir kita pada buku atau kertas. Dan jika kita memiliki masalah yang memungkinkan untuk diselesaikan saat itu juga, selesaikanlah.

Matikan alat elektronik

Cahaya biru yang dipancarkan dari benda – benda elektronik seperti televisi, laptop, handphone, dapat menunda rasa kantuk. Menonton film action dengan adegan kekerasan dan berbahaya juga dapat membuat kita tetap terjaga. Kita dapat menghindarinya dengan mematikan alat – alat tersebut satu jam sebelum tidur.

Makan makanan yang tepat

Kafein dan gula adalah jenis kandungan bahan makanan yang paling baik dalam menghambat rasa kantuk. Untuk menghindari terjaga sepanjang malam karenanya, kita dapat mengaturnya dengan tidak mengonsumsi kafein diatas jam 4 sore.

Tidur siang

Tidur siang dapat menyebabkan kita sulit tidur pada malam hari. Sebaiknya kita tidur lebih awal pada malam hari daripada tidur siang kemudian tidur larut pada malam harinya , karena akan menyebabkan kita semakin mengantuk pada keesokan paginya.

 

 

Lingkungan

Lingkungan berperan pula pada kualitas tidur kita. Agar kita dapat tidur dengan nyenyak, kurangi atau matikan sumber cahaya dikamar, atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas tapi juga tidak terlalu dingin, dan kita dapat menggunakan penutup telinga jika disekitar terdengar suara – suara yang bising. Kebersihan tempat tidur dan kebersihan diri dapat membantu kita tidur nyenyak pula. Cuci kaki dan tangan sebelum pergi ketempat tidur.

Sumber : okezone.com


Related For Tips fokus dikelas tanpa ngantuk