Tes SNM-PTN Unair-I_2012

Tips Lulus USM STAN

                Sebenarnya kamu tidak perlu pusing melihat ada ribuan orang yang mendaftar untuk ikut USM STAN. kamu hanya butuh usah agak sedikit lebih banyak dari mereka. Kamu hanya membutuhkan beberapa kiat penting yang membuat kamu jadi lebih berbeda dari mereka: tips lulus USM STAN. berapa orang yang menyadari hal ini? tanpa mengerti tekniknya, impianmu bisa jadi hanya tinggal harapan. Pelajari dan mulailah mempraktikkannya, ya.

                Hal yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah persiapan. Ini berlaku mulai dari pendaftaran pertama kali hingga kamu sampai ditahap kelulusan dari USM STAN. persiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Cek lagi jadwal penting yang tertulis di pengumuman, jangan lewatkan apapun! Misalnya kamu kebetulan tidak dapat hadir pada periode verifikasi dan pengambilan BPU di lokasi yang telah ditetapkan, maka pertimbangkanlah sekali lagi untuk memaksakan diri tetap hadir karena kamu tidak dapat meminta atau mewakilkan temanmu ketika verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU). Ketika ujian, siapkan juga alat tulis dengan sebaik mungkin. Bawa tisu untuk mengalasi tanganmu saat mengisi lembar jawaban. Singkirkan faktor-faktor pemicu kegagalan yang sebenarnya bisa kamu netralisir.

                Persiapkan juga fisik sekaligus psikismu. Jangan keburu minder dengan ribuan peserta lainnya. Belum tentu mereka yang terlihat pintar, benar-benar pintar. Belajarlah dan terus berlatih untuk meningkatkan percaya diri. Kamu juga harus tenang dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan segala sesuatu. Jangan panik. Jika perlu, ikuti bimbingan belajar yang sudah terbukti ampuh bimbingannya (jangan sampai kamu rugi bandar, lho). Di era cyber ini, kamu akan lebih mudah menemukan koneksi (tentu saja bukan untuk disalah gunakan, ya). Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang orang-orang yang telah lulus USM STAN pada tahun sebelumnya. Mungkin dari mereka kamu akan menemukan fakta lapangan yang lebih nyata ketimbang duduk merenung menatap buku kumpulan soal yang mulai melelahkan kinerja otakmu. Cari tahu juga tips lulus USM STAN ala mereka. Tetapi jangan lupa dengan kondisi fisikmu, ya. Banyak juga yang kecolongan untuk yang satu ini. jangan memaksakan diri jika merasa lelah. Sebaiknya kamu juga istirahat yang cukup sehari sebelum hari H-nya.

                Selanjutnya adalah belajar. Pelajari soal USM STAN di tahun sebelumnya karena biasanya soal yang disajikan tidak jauh berbeda bentuknya. Hentikan kebiasaan sistem kebut semalam yang biasa kamu lakukan karena yang kamu butuhkan adalah pengertian terhadap soal itu sendiri. Dengan sering latihan dan membaca soalnya, kamu akan mengerti inti dari pertanyaan sebenarnya. Ikuti try out yang ditawarkan beberapa bimbingan belajar. Jika itu memberatkanmu dari sisi finansial, biasanya soal simulasi juga disediakan dalam buku kumpulan soal USM STAN di edisi terbaru setiap tahunnya.

                Tips lulus USM STAN berikutnya adalah terkait pengerjaan soal. Yang harus kamu ingat pertama kali adalah konsentrasi dan abaikan apapun yang menarik perhatianmu selain lembar soal dan jawaban yang ada dihadapanmu. Selain itu kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Pengalaman yang sering terjadi adalah banyak peserta USM STAN yang terjebak dalam rasa penasarannya. Kamu hanya punya waktu 150 menit untuk dipergunakan dengan baik. Lalu pastikan juga kamu menjawab sepertiga dari jumlah soal per bidangnya dengan benar. Di USM STAN ada istilah nilai mati yang artinya jika kamu tidak bisa menjawab dengan benar diatas batas ‘mati’ itu, maka akan dinyatakan gugur (walaupun kamu benar seratus persen dibidang yang lain). Perhitungkanlah soal yang kamu kerjakan dengan baik.

                Untuk soal yang menyajikan teks yang panjang, bacalah soalnya terlebih dahulu. Ingatlah pada manajemen waktu! Bawa juga jam tangan agar kamu lebih mawas diri dalam hal hitung menghitung waktu.

                Nah, sudah siap untuk berjuang? Pastikan kamu memiliki satu dari ribuan kursi yang disediakan kementrian keuangan ini, ya. Ingatlah juga ada ribuan orang yang sama yang sekian persennya berhasil lulus (tentu dengan usaha maksimal mereka juga). Semoga Tips lulus USM STAN dapat menjadi bekal yang berguna bagi kamu. Salam sukses!