ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips Masuk PTN

January 28, 2013 | motivasi

Kali ini saya akan share tips-tips untuk masuk perguruan tinggi incaran kita, ini berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika masuk PTN dulu.

Oke, langsung to the point aja ya:

  1. Tentukan Target

Menentukan target ini bukan hanya sekedar menentukan target ya, kayak kedokteran UI, Gizi UI,  dan Biologi UI. Tapi kita juga harus buat target untuk pre-test sebelum test masuk yang sebenarnya. Misalnya, untuk yang mau masuk lewat PPKB UI dan SNMPTN Undangan, ya dari kelas 1 SMA udah buat target, nilai-nilai minimal harus segini, dan jaga dinamika nilai jangan sampai naik turun, paling enggak konstan, kalau bisa ya naik terus.

Untuk yang lewat jalur SIMAK UI atau SNMPTN Tertulis, ya selama try out udah harus buat target, nilai harus sekian, maksimal untuk TPA hanya salah sekian, kemampuan dasar maksimal salah sekian. Selain menentukan target nilai, kita jugabuat target materi, jadi misalnya minggu ini sudah harus nyicil untuk pelajaran biologi bab system pencernaan, matematika bab integral, dll.

2.    Disiplin.

Ini yang paling sulit biasanya, mendisiplinkan diri sendiri. Biasanya kita suka negosiasi sama diri sendiri, apalagi kalau menyangkut hal-hal favorit kita. Tapi, balik lagi, ingat-ingat lagi apa yang kita mau, menunda kesenangan sementara masalah, it’s worth a life time kok nantinya kalau target kitatercapai.

3.     Jangan Gampang Merasa Puas

Nilai try out udah mencapai target? Salah maksimal udah dicapai? Materi a, b, c udah khatam? Tingkatin terus, jangan gampang berpuas diri. Saingan kita itu se-Indonesia, bahkan ada juga yang dari luar negeri, jadi terus tingkatin kualitas diri kita.

4.      Cari Motivasi Diri.

Ini penting, karenakita sebagai manusia pasti naik turun, kadang semangat kadang jenuh, capek, tapi dengan mengingat motivasi tersendiri, kita bisa jadi semangat lagi, dan lupa sama capek yang kita rasain sebelumnya. Motivasi ini bisa dating dari berbagai hal, misalnya mau membanggakan orang tua kita, atau kita mau jadi seperti eyang kita, atau hanya sekedar karena prestise kampus tersebut, ga masalah, selama hal tersebut mendatangkan manfaat positif buat kita.

5.       Ibadah.

Ini yang terakhir, karena bagaimanapun juga yang menentukan kita pada akhirnya adalahTuhan.

Sekian tips-tips dari saya, good luck 😀


Related For Tips Masuk PTN