ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips menang USM STAN

October 30, 2015 | Sekolah Kedinasan, SNMPTN

1932204620X310

Tips menang USM STAN

                STAN memang selalu menebarkan daya tarik ribuan peserta setiap tahun. Bahkan untuk tahun 2013 saja, ada 117.000 lebih calon peserta yang mendaftar sementara hanya ada sekitar 3.000 kursi yang tersedia. Persaingan ini menjadi begitu berat jika anda tidak tahu kiat-kiat apa yang akan memudahkan perjuangan anda. Anda harus menyiapkan diri dan tidak ada salahnya anda mengetahui tips menang USM STAN.

                Pertama-tama anda harus meluruskan niat. Jangan meniatkan diri untuk melakukan hal yang mengecewakan rakyat di masa depan, lho. Ingatlah bahwa segala fasilitas gratis yang untuk pendidikan yang disediakan STAN bersumber dari uang rakyat. Kalau anda sudah memulai dengan niat yang buruk, maka berpikir ulanglah untuk merombak niat anda.

                Setelah anda membangun niat yang tulus, mulailah menyulut semangat dan menjaganya agar tetap berkobar. Anda butuh semangat untuk tetap konsisten dalam belajar dan menuntut ilmu. Untuk belajar, kumpulkan soal-soal USM STAN tahun sebelumnya untuk anda pelajari. Pahamilah tipe soal dan masudnya. Jika masih butuh bantuan, ikutilah bimbel yang menawarkan program intensif untuk lulus USM STAN. Jika anda merasa hal itu memberatkan anda dari segi keuangan, maka carilah teman atau orang-orang yang mengerti dengan tipikal soal tersebut. Perbanyaklah koneksi dengan orang-orang yang pernah lulus USM STAN. walaupun jumlahnya tidak banyak, anda akan sangat terbantu dengan mengetahui keadaan nyata yang sebenarnya saat mereka melewati USM STAN sebelumnya. Pelajari langkah-langkah yang mereka buat, semangat dan pengalaman mereka agar anda tetap terus bersemangat. Jika mereka bisa, anda tentu juga bisa dan berhak untuk memperoleh fasilitas belajar seperti mereka. Kuncinya adalah berusahalah sebaik mungkin.

                Persiapkan juga perlengkapan ujian dengan baik. Kalau perlu bawa tisu untuk menghindari agar keringat anda tidak mengotori lembar jawaban yang begitu rentan. Jangan lupa membawa Bukti Peserta Ujian (BPU). Tenangkan diri anda ketika berada diruang ujian. tetaplah santai dan jaga jangan sampai anda kehilangan konsentrasi. Di dalam USM STAN ada istilah nilai mati: yaitu anda harus menjawa 1/3 dari total soal dibidang tersebut dengan benar. Ada dua tes dalam USM STAN yaitu TPA (tes potensi akademik) dan TBI (tes bahasa inggris). Anda harus memastikan 1/3 jawaban dari TPA dan 1/3 jawaban dari TBI anda benar. Keduanya harus lewat dari batas 1/3. Bahkan jika TPA anda benar 100 % tetapi TBI anda kurang dari 1/3 nya, maka anda akan tetap dinyatakan tidak lulus. Tetapi tentu saja anda harus berusaha semaksimal mungkin karena mereka yang USM STAN adalah mereka yang memiliki nilai tertinggi dalam ujian ini. jadi, jadilah peserta yang bisa menjawab dengan sebaik mungkin.

                Saat mempelajari soal USM STAN, usahakan untuk tidak menghafal. Pelajari soal tersebut dengan mengulanginya terus menerus. Jika anda mulai bosan, maka cobalah untuk beristirahat sejenak. Jangan terlalu memaksakan diri hingga anda menjadi bosan. Jagalah agar semangat anda terus berkobar. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan mengatur pola makan.

                tips menang USM STAN selanjutnya adalah anda juga harus pintar mengatur waktu. Estimasikan waktu yang anda butuhkan untuk mengerjakan tiap soal dan waktu yang anda butuhkan untuk penyelesaian secara keseluruhan. Bawalah jam tangan agar anda dapat terus mengontrol jatah waktu pengerjaan tiap soal. Setelah itu, anda juga jangan sampai terlena dengan soal yang membuat anda penasaran walaupun anda ingin sekali menyelesaikannya. Pastikan anda hanya menjawab soal yang anda yakini terlebih dahulu secara keseluruhan. Setelah itu barulah anda mengerjakan soal-soal lain. Tetaplah berkonsentrasi walaupun waktu yang tersedia tidak banyak. Jika anda tidak dapat berkonsentrasi dengan baik anda bisa menjadi lupa dengan berbagai hal yang telah anda pelajari. Tenangkan diri anda dan ciptakan perasaan tenang semaksimal mungkin.

                 Demikianlah tips menang USM STAN yang bisa anda gunakan untuk memenangi USM STAN tahun ini. usahakanlah yang terbaik agar impian anda dapat terwujud. Semoga tips menang USM STAN ini dapat membantu anda. Semoga berhasil!


Related For Tips menang USM STAN