Tips Mengerjakan Karya Tulis | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » Pembelajaran » Tips Mengerjakan Karya Tulis

Tips Mengerjakan Karya Tulis

 

Karya tulis merupakan sebuah karya dalam bentuk tulisan yang dikembangkan dari ide-ide melalui kaidah ilmiah. Karya tulis merupakan karya yang biasanya bersiafat fiksi maupun non fiksi. Fiksi berarti karya tulis itu berasal dari imajinasi seperti cerita pendek, puisi, novel dan karangan lainnya. Sedangkan karya nonfiksi adalah karya yang dibuat berdasarkan penelitian ilmiah dan nyata.

Banyak di antara kita yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas membuat karya tulis. Karena mereka bingung harus memulai dari mana dan bagaimana cara menuliskan apa yang ada dalam pikirannya. Untuk itu banyak yang malas dan bosan untuk mengerjakan karya tulis. Namun sebelumnya saya akan fokuskan kali ini adalah tips membuat karya tulis  (makalah). Untuk itu, berikut ini adalah tips bagaimana mengerjakan karya tulis.

Langkah-langkah dalam membuat karya tulis:

  1. Menentukan Topik

Sebelum memulai membuat karya tulis,  maka kamu  wajib menentukan topic dari apayang ingin kamu tulis. Ingat topic ituberbeda dengan judul, misalnya topiknya adalah tentang hobi, pertanian, pendidikan, keluarga, ekonomi, dan lain sebagainya.

2.    Analisa dan pelajari topik yang akan ditulis.

Analisalah topic yang akan ditulis, apakah topik ini akan menarik untuk ditulis dan apa manafaatnya.

3.    Menyusun pola pikir

Setelah menemukan topik dan menganalisanya maka, susunlah pola pikir yang relevan dengan topic yang akan ditulis. Bisanya jika dalam sebuah karya tulis fiksi bias seperti cerpen atau novel ini disebut dengan kerangka karangan, di mana kita tentukan bagaimana pembukaan (opening), konflik, dan juga penutup.

4.   Mengumpulkan bahan-bahan materi

Setelah berhsil membuat atau menyusun topic yang akan ditulis, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan-bahan materi atau data. Biasanya data dapat kita dapatkan dari buku-buku bacaan, Koran, majalah, media online, pengalaman dan lain sebagainya. Pengumpulan data sangatlah penting dalam menunjang sebuah karya tulis. Bisannya dalam menyusun kalimat dalam karya tulis, kita akan mengutip sebuah kalimat atau pun stegmen dari seorang tohoh atau sebuah definiai, maka jika itu adalah karya tulis ilmiah maka wajib bagi kita mengutip sumbernya. Karena jika tidak, itu akan dicap sebagai sebuah plagiat atau penyontekan alias penjiplakan.

5.     Menulislah!

Setelah semuanya siap, maka langkah yang benar-benar terpenting adalah menulis. Karena dengan menulis semuaya jadi berarti, apa yang kamu kumpulkan, topic yang kamu buat akan jadi sebuha karya tulis yang sangat menakjubkan dan ditunggu untuk dibaca,  percayalah pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya atau menuliskannya. Karena jika tidak dituliskan, maka semuanya akan sia-sia.

Dalam menulis sebuah karya tulis  kita dituntut untuk:

  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Tentu saja kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, dan tentunya kamu juga harus menggunakan Ejaan Yang Dibakukan (EYD). Karena bagaimana pun sebuah karya tulis haruslah dibuat dengan benar, bukan asal-asalan.

  • Menyusun kalimat agar lebih mudah dipahami

Buatlah kalimat-lakimat yang mudah dipahami. Jika kamu sulit melakukannya, maka ketika menulis bayangkanlah jika kamu sebang berbicara dengan seseorang tentang topic yang sedang kamu tulis tersebut.

  • Singkat, padat, dan jelas dalam uraian

Buatlah tulisan dengan kalimat singkat, padat dan jelas agar membantu orang lain mudah memahami apa yang ingin kamu sampaikan, tidak berbelit-belit ataupun berlebihan.

Selanjutnya, berikut adalah susuna dalam pembuata karya tulis ilmiah (Makalah, laporan penelitian, skripsi)

  • Lembar Judul atau Jilid
  • Judul makalah
  • Nama dan Nomor Induk Mahasiswa/No Induk Siswa
  • Nama dan Tempat Perguruan Tinggi , Tahun
  • Lembar Pengesahan
  • Kata Pengantar 4
  • Daftar Isi
  • Daftar Gambar
  • Daftar Tabel
  • Tubuh Makalah a. Pendahuluan : Terbagi menjadi 3 Sub Bab

1. Latar belakang

2. Ruang lingkup

3. Maksud dan tujuan penulisan b. Pembahasan c

  • Penutup : Kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

    Sedangkan untuk karya tulis non- ilmiah/karya fiksi dapat berupa (cerpen ataupun novel) terdiri dari pembukaan, konflik, dan penutup.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
4
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin