ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips menghadapi SNMPTN

June 21, 2013 | SNMPTN

SNMPTN 2013 (4)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang dikenal atau disingkat SNMPTN merupakan hal yang yang dtunggu-tunggu sekaligus menakutkan. Seleksi Nasional ini dianggap menakutkan karena tentunya merupakan ajang persaingan setiap siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia. Apalagi sebelumnya telah menghadapi Ujian Nasional yang tak kalah membuat setiap siswa amaupun orang tua ikut stress.

Untuk dapat meloanjutkan pendidikan ke PTN memang bukan hal yang mudah. Apalagi hampir semua siswa se Indonesia ini berbondong-bondong untuk dapat masuk dan duduk di kursi PTN. Karena PTN merupakan kampus favorit, disamp0ing karena kualitasnya yang ta diragukan lagi dalam pendidikan dan juga fasilitasnya, tetapi juga dalam hal biaya dapat dikatan relative lebih murah dibandingkan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), walaupun pada kenyataannya tak sepenuhnya benar.

Ketika kita melakukan ujian, sebenarnya kita sedang mendemonstrasikan kemampuan dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajar. Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisi kita sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian, yang secara hasil dapat positif maupun negatif. Berikut tips untuk membantumu dalam mengerjakan ujian SNMPTN adalah :

  1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
    Dengan datang lebih awal, kamu dapat memiliki waktu yang cukup untuk menengkan diri dan mempersiapkan diri, baik secara emosi maupun secara fisik. Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti : pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus karet, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Jangan lupa, berdoalah sebelum mengerjakan soal.

  1. Tenang dan percaya diri.
    Tenagkan pikiranmu, yakinkan dan ngatkan diri bahwa diri kita sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik dan benar. Ingat pikiranmu harus tenang, karena kuncinya di pikiranmu. Jika pikiranmu tenang dan santai maka kamu pun akan enjoy mengerjakan soalnya.

  1. Bersantailah tapi waspada.
    Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak agar tetap terlihat segar dan juga dengan posisi duduk yang tegak namun sanjtai akan membuat kamu semakin percaya diri dalam mengerjakan soal-soal ujian.

  1. Preview soal-soal ujianmu dulu
    Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika Kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban. Ingat, tak usah terburu-buru santailah membacanya, yang penting kamu dapat memahami apa maksud dari soal-soal tersebut, dengan begitu kamu pun dapat mengetahui apa yang harus kamu jawab.

  1. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
    Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya Kamu kerjakan adalah soal paling sulit, yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya,
    memiliki nilai terkecil. Jangan buang waktumu hanya untuk mengerjakan soal-soal yang sulit.

  1. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
    Jika sudah selesai, periksa jawabanmu kembali. Hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan yang dirasa bisa dengan baik. Ingat di sini kamu harus teliti dan dan hati-hati, karena jika ceroboh dan tidak dipriksa kembali kebanyakan siswa menjawab dengan keliru, misalnya salah nomor ataupun urutan.

  1. Analisa hasil ujianmu.
    Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.

  1. Berdoalah dan Pasrahkan pada Tuhan

Apa yang kita inginkan belum tentu baik untuk kita, oleh karena itu seletah ujian selesai, pasrahkan semuanya pada Tuhan. Minta yang terbaik padanya.


Related For Tips menghadapi SNMPTN