ujiansma.com

Portal pendidikan no 1

Menu

Tips Menulis Puisi yang Baik dan Sesuai Aturan

May 27, 2013 | Bahasa

menulis puisi

Istilah puisi tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kita. Kita semua, tentunya pernah membaca atau bahkan menulis puisi sendiri, baik sebagai tugas sekoah ataupun untuk mengisi waktu luang kita.

Mungkin tugas menulis dan membacakan puisi di depan kelas bukan merupakan tugas favorit anda, namun pada dasarnya semua hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menambah ilmu dan memperluas cakrawala kita.

Selain itu, penulisan sebuah puisi juga bertujuan untuk merangsang imajinasi seseorang. hal ini karena pada dasarnya puisi sangat berkaitan dengan keindahan. Puisi sendiri merupakan suatu karangan sastra yang sangat mementingkan keindahan dan menggunakan bahasa sebagai media untuk menambah kualitas dari puisi tersebut.

Pada dasarnya, tidak ada tips menulis puisi yang khusus. Hal ini karena puisi merupakan pantun bebas yang tidak terikat dengan aturan khusus yang mengawali penulisan puisi tersebut. Akan tetapi, anda bisa mengenal tips menulis puisi dengan mengetahui berbagai unsur yang terdapat dalam puisi itu sendiri.

Bisa dikatakan juga bahwa puisi merupakan ungkapan rasa dan pikiran penulisnya tentang berbagai hal. Baik tentang dirinya, orang disekitarnya, alam atau bahkan lingkungan yang ada di sekitarnya. Puisi sendiri mempunyai bentuk yang sangat khas.

Puisi terdiri dari bangunan bait yang merupakan gabungan dari berbagai larik ungkapan dari penyair. Pada umumnya, larik tersebut juga sangat pendek atau singkat, tidak sampai ke tepi margin sebelah kanan.

Untuk lebih jelas mnegenai tips menulis puisi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Puisi merupakan ungkapan jiwa

 

Banyak yang menyebutkan bahwa puisi itu merupakan ungkapan dari jiwa seseorang. hal tersebut tidak sepenuhnya salah atau bahkan berlebihan, karena pada dasarnya memang puisi berguna untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran, jiwa dan perasaan dari penulisnya.

Banyak sekali perasaan yang bisa kita alami atau bahkan pikiran dalam benak kita. Semua hal tersebut, bisa kita tuangkan dalam bentuk puisi. Pada umumnya, ungkapan yang dituangkan dalam puisi merupakan ungkapan yang jujur dan benar.

Hal ini karena ketika perasaan dituangkan dalam bentuk puisi, maka tidak ada lagi perasaan malu atau canggung dalam menuangkan hal tersebut ke dalam goresan tinta. Pada dasarnya, semua orang pasti ingin mengungkapkan perasaannya, hanya saja tidak semuanya bisa dilakukan.

Ada kalanya ungkapan jiwa tersebut hanya kita seorang saja yang mengetahuinya. Oleh karena itulah, dalam bingkai puisi ungkapan jiwa yang tidak boleh ada yang tahu bisa tersimpan dengan rapi dalam batin kita.

 2.      Unsur yang menyusun puisi

 

Pada dasarnyam sebuah puisi disusun oleh dua unsur penting, yaitu unsur dalam dan unsur luar. Unsur dalam sendiri merupakan unsur yang terdapat dalam teks puisi tersebut. Sebaliknya unsur luar merupakan unsur yang berada di luar teks dan bisa dirasakan keberadaannya dalam puisi.

Yang termasuk ke dalam unsur dalam puisi sendiri adalah sebagai berikut :

  • Tema

 

Merupakan pokok pikiran yang mewarnai pembahasan dalam sebuah puisi secara keseluruhan. Keberadaan tema sendiri bisa ditafsirkan dari judul atau kata kata yang sering diulang dalam sebuah puisi.

  • Perasaan

 

Merupakan ungkapan emosional dari penyair yang digambarkan dalam bait puisi yang ia tuliskan.

  • Nada

 

Merupakan sikap penyair yang tersirat dalam setiap bait puisi

  • Amanat

 

Merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh penyair kepada pembaca atau pendengar dari puisi tersebut. Pesan ini sendiri biasanya ada dua jenis, yaitu pesan yang tersurat dan tersirat. Pesan yan tersurat akan tampak dengan jelas pada setiap kata yang tertulis, sedangkan pesan yang tersirat diperoleh dari pemahaman pembaca

Sedangkan yang termasuk ke dalam unsur luar adalah :

  • Diksi

 

Merupakan pilihan kata yang bisa menentukan keindahan dari sebuah puisi. Oleh karena itu, seorang penyair tidak boleh memilih kata yang salah.

  • Imajinasi

 

Merupakan daya khayal yang dimiliki oleh penyair, sehingga bisa membuat pembaca ikut membayangkan.

  • Gaya bahasa

 

Merupakan sekelompok kata yang mempunyai makna yang mendalam, misalnya idiom, metaphor, hiperbola dan lainnya.

Inilah sekilas mengenai tips menulis puisi. Semoga bermanfaat


Related For Tips Menulis Puisi yang Baik dan Sesuai Aturan