Tips Menyusun Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » umum » Tips Menyusun Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD

Tips Menyusun Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD

 

Tips Menyusun Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD

Tips menyusun kisi-kisi ujian sekolah SD ini sangat difokuskan kepada guru. Karena guru yang mengajari para siswa. Secara otomatis mereka harus menyusun kisi-kisi soal agar anak-anak didik nya dapat lulus dengan hasil yang tinggi. Begitu juga untuk pengajar les bimbingan. Mereka juga pasti bakal membuat kisi-kisi ujian yang bagus dan benar agar anak didiknya bisa lulus dengan nilai yang tinggi. Soalnya jika nilai anak didiknya jelek maka nama baik dan reputasi mereka sebagai seorang pengajar akan menjadi jelek. Seorang guru yang peduli akan muridnya pasti akan membantunya. Beda sama guru yang hanya memikirkan uang saja. Mau lulus atau tidak muridnya dia pun tidak peduli.

Kisi-kisi merupakan suatu cara untuk memudahkan murid dalam belajar. Maka dari itu diharapkan semua guru untuk dapat memberikan kisi-kisi ujian sekolah kepada murid-murid SD. Akan tetapi satu hal yang menjadi masalah adalah bahwa guru itu sendiri tidak pandai dalam menyusun dan membuat kisi-kisi tersebut. Mengapa bisa demikian? Hal ini bisa terjadi karena banyak alasan. Berikut beberapa alasan dan faktor yang membuat guru kesulitan dalam membuat kisi-kisi soal :

  1. Ketidak ikhlasan sang guru untuk membuat kisi-kisi. Karena dia beranggapan bahwa materi yang telah dia berikan selama proses belajar itu sudah cukup. Mereka tidak mau repot-repot lagi.
  2. Guru itu sendiri kurang menguasai bahan yang akan diujiankan. Apalagi kita juga tahu bahwa guru SD itu kebanyakan sebagai guru yang merangkap mengajar beberapa pelajaran. Hal ini yang sering membuat guru menjadi bingung untuk bagaimana memberikan kisi-kisi. Padahal tidak semua pelajaran mereka kuasai sepenuhnya. Seperti seorang guru fisika yang disuruh mengajarkan bahasa inggris. Belum tentu sang guru yang ahli dalam fisika itu ahli juga dalam bahasa inggris. Bisa saja dia Cuma mengetahui dasar-dasarnya saja.
  3. Tidak adanya pengalaman sang guru dalam membuat kisi-kisi soal. Hal ini bisa terjadi karena guru tersebut masih baru atau jarang ikut dalam training guru.
  4. Kurangnya up todate seorang guru juga bisa membuat kisi-kisi yang diberikan salah. Hal ini bisa sangat berbahaya. Karena jika tingkat pelajaran yang sudah berubah tetapi kita masih memakai yang lama itu akan membuat kesulitan bagi siswanya.

Bahan ujian pasti sangat banyak, Apalagi ada beberapa bidang studi. Maka dari itulah dibutuhkan kisi-kisi soal. Berikut beberapa tips untuk membuat kisi-kisi ujian sekolah SD :

  1. Pahamilah kurikulum yang sedang berlaku. Karena biasanya tiap ada perubahan kurikulum maka secara otomatis soal yang diujian kan akan berbeda bentuknya. Bisa saja materi yang diujiankan ditahun sebelumnya tidak ada malah menjadi ada diujian kali ini. Kompetensi dasar juga harus diperhatikan supaya kita mengetahui dasar-dasar apa yang dibuat untuk membuat soal ujian sekolah SD itu.
  2. Perhatikanlah indikator dari pembelajaran. Indikator pelajaran juga sangat mempengaruhi dalam pembuatan kisi-kisi soal. Kita harus memahami gambaran yang harus dimiliki oleh para murid SD setelah mengikuti proses pembelajaran dan pendidikan. Apabila anda sudah paham dan mengerti akan indikator tersebut maka dengan mudahnya anda akan membuat kisi-kisi soal untuk anak SD. Indikator merupakan hal terpenting dari proses pembelajaran dan pendidikan.
  3. Up todate materi pelajaran. Jika anda sering ketinggalan up todate akan materi itu akan sangat berbahaya. Maka dari itu seringlah melakukan up todatenya. Mungkin anda bingung bagaimana cara untuk sering up todate materi tersebut. Anda bisa saja membuka situs yang disediakan untuk para pendidik dan yang lainnya. Bisa seperti wikipedia, edukasi.net dan lain-lain. Bisa juga anda melakukannya dengan sering berkumpul antar sesama guru untuk saling konselin dan bertukar pikiran.
  4. Perhatikan bentuk evaluasi. Biasanya soal evaluasi untuk anak SD berupa soal yang objektive dan subjektive. Jadi secara logika anda tidak bakal kesulitan dalam membuat kisi-kisinya. Maka pahamilah bentuk evaluasinya.

Dengan adanya kisi-kisi soal ujian maka akan memudahkan murid-murid anda sendiri. Jadi janganlah pelit dan patah semangat dalam membuatnya ya.

 


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jun
26
2012
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin