TIPS SUKSES LOLOS SNMPTN 2013 | ujiansma.com

Kamu Berada di:
Home » SNMPTN » TIPS SUKSES LOLOS SNMPTN 2013

TIPS SUKSES LOLOS SNMPTN 2013

 

Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan serempak di seluruh Indonesia. Seleksi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi setiap perguruan tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berprestasi. Berbagai usaha dilakukan agar dapat lolos seleksi nasional ini. tingkat soal yang diujikan pun berbeda dengan ujian nasional, sehingga perlu trik khusus agar bisa lolos seleksi agar dapat diterima di perguruan tinggi negei yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips agar lolos SNMPTN 2013

Beberapa bulan sebelum tek seleksi SNMPTN berlangsung :

  • Menyusun jadwal belajar lebih efisien

Penyususan ulang jadwal belajar sangatlah diperlukan. Sebab persaingan saat SNMPTN lebih sulit dibandingkan persaingan saat ujian nasional. Tingkat kesulitan soal juga berada jauh di atas standar ujian nasional.

  • Tingkatkan intesitas jadwal yang dibuat jika mendekati pelaksanaan SNMPTN

Pelaksanaan SNMPTN yang semakin dekat perlu adanya waktu tambahan dalam belajar. Hal ini dapat dilakukan ketika selesai ujian nasional. Pasalnya, setelah ujian nasional dalam masa menunggu pengumuman ada waktu kosong sekitar 1 bulan sebelum menjelang SNMPTN berlangsung. Waktu yang berharga ini dapat diguankan untuk belajar SNMPTN lebih intensif lagi.

  • Kumpulkan dan kerjakan soal-soal sebanyak mungkin

Di zaman yang modern ini, kecanggihan teknologi memudahkan untuk mendapatkan soal-soal SNMPTN dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga dapat diamati soal-soal yang sekiranya sering keluar saat ujian SNMPTN berlangsung. Pepatah mengatakan ‘bisa karena biasa’ hal ini dapat dilihat ketika kebiasaan mengerjakan soal-soal SNMPTN dilakukan dari jauh-jauh hari. Sehingga otak dapat merekam cara-cara efektif untuk mengerjakan soal-soal SNMPTN sebaik mungkin.

  • Kuasai dasar dan konsep tiap bidang studi

SNMPTN merupakan suatu tes seleksi dimana soal yang dihidangkan berbeda dengan porsi ketika ujian nasional. Dalam penilaian SNMPTN tiap mata pelajaran yang diujikan memiliki nilai masing-masing, sehingga perlu adanya keseriusan belajar dari setiap bidang studi yang diujikan, agar hasilnya dapat maksimal.

  • Berlatih soal-soal TPA

Tes Potensi Akademik (TPA) mungkin masih awam ditelinga para pelajar SMA. Tes ini merupakan suatu tes yang bertujuan untuk mengetahui ketahan seorang pelajar tehadap perkembangan zaman di masa yang akan datang. Tes ini sangatlah penting agar universitas dapat mengetahui seberapa tingkat ketahanan calon mahasiswanya terhadap perkembangan zaman, serta seberapa kecerdaasan otak yang dimiliki setiap calon mahasiswa. Hal ini bertujuan agar universitas dapat memprediksi dan memetakan seberapa jauh kecerdasan para calon mahasiswa.

  • Ikuti try out sebanyak mungkin, lihat kemampuan anda melalui passing grade.

Try out merupakan suatu usaha yang mutlak yang perlu dilakukan agar dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki. Sehingga dapat mengetahui usaha apa lagi yang harus dilakukan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan mengikuti try out ini diharapkan agar para siswa SMA ini lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi SNMPTN yang sudah di depan mata.

Persiapan sehari sebelum snmptn :

  • Cek lokasi ujian (wajib)

Mengetahui lokasi ujian sangatlah perlu. Sebab lokasi ujian SNMPTN ini sangatlah penting agar ketika SNMPTN tiba tidak merasa gugup dan canggung. Bagi yang tes seleksi di kota lain, mengecek lokasi ujian sangatlah penting, untuk mengetahui bagaimana suasana di sekitar tempat ujian.

  • Perhitungan waktu tempuh ke lokasi ujian

Biasanya lokasi ujian yang cukup jauh dari tempat penginapan memelukan waktu tempuh. Perhitungan ini sangatlah penting sebab untuk memperhitungkan waktu berangkat ke tempat ujian sehingga tidak terlambat.

  • Cek kelengkapan ujian

Kelengkapan ujian sanagtlah penting. Kartu tes, kartu identitas, alat tulis untuk ujian perlu dipersiapkan sebab ketika ujian berlangsung tidak diizinkan untuk saling meminjam antara peserta SNMPTN.

  • Tidur lebih awal

Istirahat yang cukup sangat diperlukan, sebab pikiran yang fresh sangatlah diperlukan ketika ujian berlangsung.

  • Jadikan ujian besok sebagai hari yang biasa saja

Gugup adalah penghancur mental terberat yang dialami oleh manusia. Gugup merupakan perasaan manusiawi yang dirasakan manusia pada umumnya. Gugup dapat menghancurkan pemikiran pemikiran yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Sebaiknya anda membayangkan kesuksesan di depan anda, sehingga rasa gugup ini dapat  hilang agar dapt terus fokus pada ujian yang telah berlangsung.

  • Minta doa restu orang tua

Doa restu orang tua sangatlah penting. Dengan doa restu orang tua apapun yang anda jalani dapat dimudahkan oleh Tuhan. Sebab doa orang tua dikabulkan oleh Tuhan.

Pada saat ujian :

  • Jangan sampai telat

Ketika ujian berlangsung jangan sampai terlambat. Sebab tidak ada penambahan waktu bagi yang terlambat. Keterlambatan juga menyebabkan keadaan mental menjadi turun hal ini sangatlah merugikan sebab jika anda gagal pada hari pertama akan sangat berat bagi anda untuk menempuh hari kedua.

  • Buat posisi duduk senyaman mungkin

Posisi yang enak perlu diperhatikan. Ketika mengerjakan soal yang cukup sulit dengan posisi duduk yang tidak nyaman dapat merusak konsentrasi yang telah dibangun secara matang sebelum berangkat

  • Dengarkan instruksi panitia dengan benar

Ujian SNMPTN berbeda dengan ujian-ujian yang biasa diadakan di sekolah, sehingga petunjuk pengerjaan ujian dar pantia perlu diperhatikan secara seksama aga tidak terjadi kesalahan-kesalahan fatal yang dapat mempengaruhi hasil ujian SNMPTN nantinya.

  • Isi LJK selengkap mungkin

Lembar jawab komputer digunakan dalam pengujian SNMPTN. Format yang disediakan di dalam LJK untuk SNMPTN berbeda dengan LJK yang digunakan saat ujian nasional. Perlu ketelitian agar tidak terjadi kesalahan saat menghitamkan LJK, karena sistem komputer nasional biasanya lebih sensitif, sehingga harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi kesalahan fatal.

  • Baca petunjuk umum dan khsus

Ujian SNMPTN memiliki petunjuk yang berbeda dengan ujin lain, ada 3 jenis soal yang biasanya dikeluarkan saat SNMPTN. Pertama, jenis soal yang menggunakan pilihan ganda yang jelas, sehingga dalam memilih jawaban yang tepat sanagtlah mudah. Kedua, jenis soal yang menggunakan sebab akibat. Pada jenis soal ini, tingkat kebingungan yang biasanya dialami cukup tinggi, sehingga perlu adanya pemahaman tengtang bagaimana mengerjakan soal  jenis ini, agar ketika akan menjawab pertnayaan tidak terjadi kesalahan. Ketiga, jenis soal yang menggunakan urutan angka. Dalam soal jenis ini pertanyaan di berikan pada awal soal, sedangkan pilihan jawaban tersirat. Untuk jenis soal kedua dan ketiga perlu adnanya pemahaman agar dapat meminimalisasi kesalahan. Dalam ujian SNMPTN kesalah kecil saja dapat berpengaruh besar terhadap hasil yang akan diperoleh nantinya.

  • Jangan berkutat di satu soal

Soal yang disajikan saat SNMPTN memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Meskipun jumlah soal yang diujikan tiap mata pelajaran cukup sedikit, namun tingkat kesulitannya jauh dia atas Ujian Nasional. Jika anda hanya berkutat pada satu soal saja, anda tidak akan bisa mengerjakan soal lain yang ternyata lebih mudah dan anda dapat mengerjakannya dengan baik. Oleh karena itu, sebelum mengerjakan soal, sebaiknya melihat dahulu soal apa saja yang diujikan. Kerjakan soal yang dianggap paling mudah.

  • Setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin

Soal SNMPTN mengujikan beberapa mata pelajaran sekaligus, dan setiap mata pelajaran tersebut memiliki nilai yang sangat mempengaruhi terhadap hasil akhir ujian SNMPTN. Maka setiap mata ujian yang dikerjakan harus dikerjakan semaksimal mungkin agar dapat lolos dengan hasil yang sangat memuaskan.

Setelah ujian selesai, jangan bahas soal yang diujikan sebab jika ada kesalahan maka akan menurunkan konsentrasi untuk hari esok. Sugesti yang negatif juga mempengaruhi hasil SNMPTN. Terus berdoa dan berharap pada Tuhan agar hasil SNMPTN dapat maksimal dan dapat diterima di perguruan tinggi negeri yang diinginkan.


Posted by 0 Responses
     

Leave a Reply to this Post

Jan
16
2013
 
 
ujiansma.com Search form
DUKUNG GERAKAN LULUS UAN 100% Yang GAG DUKUNG berarti GAG PENGEN LULUS!!!



Recently Active Users
admin